Idallayli, Ani Noviana (2016) ABSTRAK PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DOMAIN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS III SEMESTER I DI SD NEGERI DESA KAJEN KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
FILE 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE 6.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE 8.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9.pdf Download (2MB) |
Abstract
Proses pembelajaran sangat membutuhkan adanya evaluasi guna mengetahui tingkat keberhasilan pendidikan. Jika instrumen penialaian dianggap kurang memenuhi syarat, guru dituntut kreatif untuk mengembangkan instrumen penilaian. Tujuan pendidikan dapat terwujud dibutuhkan instrumen penilaian yang meliputi aspek kognitif, Psikomotorik dan aspek afektif. Tujuan penelitian meliputi 1) mengetahui bagaimana pengembangan instrumen penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotorik mata pelajaran PAI Kelas III semester I di sekolah dasar Negeri. 2) untuk mengetahui validitas instrumen dan 3) untuk mengetahui reliabilitas instrumen, evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat keputusan. Instrumen penilaian dibagi menjadi dua teknik yaitu teknik non tes, dan teknik tes. Teknik non tes berupa skala bertingkat, kuesione, daftar cocok, wawancara dan pengamata. Tehnik tes dapat menggunakan tes diagnostik, tes formatif dan tes sumatif. ciri-ciri instrumen penilaian yang baik dan berkualitas jika memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah valid, reliabel, dan praktis. Pengembangan instrumen penilaian menggunakan metode metode pre eksperimental design menggunakan tehnik one- shot case study. Obyek penelitian siswa kelas III tahun pelajaran 2015/2016 sekolah dasar negeri Kajen sejumlah 68 anak. Instrumen penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik dengan konsep model baru dalam uji coba telah dikatan valid dan memiliki reliabilitas. Dengan demikian instrumen model baru memiliki karakteristik sesuai dengan aspek yang di ujikan kepada siswa serta dinilia dapat digunakan sebagai alat evaluasi baik tes maupun non tes yang menunjang proses pendidikan di sekolah dengan harapan tujuan pendidikan akan terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Instrumen; Domain Kognitif; Afektif dan Psikomotorik; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Mar 2017 03:28 |
Last Modified: | 04 Mar 2017 03:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/766 |
Actions (login required)
View Item |