Metode Bimbingan Konseling Dalam Penanaman Konsep Diri Pada Tunanetra binaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kudus

Kasmiati, Kasmiati (2022) Metode Bimbingan Konseling Dalam Penanaman Konsep Diri Pada Tunanetra binaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (430kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (327kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

Metode bimbingan konseling merupakan suatu cara untuk memberikan bantuan pelayanan bimbingan dimana proses tersebut dilakukan secara langsung atau bertatap muka yang bertujuan untuk meningkatkan potensi diri serta memecahkan masalah secara optimal yang guna mencapai kebahagiaan diri dan kemanfaatan bagi lingkungan sosial. Serta upaya membantu individu mengembangkan potensi atau permasalahan yang dihadapinya yang mendasarkan pada konsep diri atau memahami diri sendiri secara optimal dengan cara terapy self-healing, motivasi, dan pengajaran melalui keterampilan. Dalam penelitian skripsi ini, peneliti melakukan penelitian terhadap metode bimbingan konseling dalam penanman konsep diri pada tunanetra binaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertama, kondisi tunanetra binaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kudus. kedua, metode bimbingan konseling dalam penerapan konsep diri pada tunanetra binaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah Kudus. Dan ketiga, apa saja penghambat dan pendukung dalam pelaksaan kelas literasi tunanetra binaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kudus. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan terjun langsung ke lapangan guna memperoleh data yang diinginkan dengan mengumpulkan informasi dari subjek yang sedang diteliti. Oleh karena itu dalam penelitian ini mengguakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Kondisi tunanetra binaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kudus yaitu penyandang tunanetra mengalami ketunanetraan karna kecelakaan fisik dan mengalami ketunanetraan sejak lahir. Sebab faktor ketunanetraan tersebut penyandang tunanetra binaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kudus ini mengalami kepercayaan diri yang belum maksimal. 2) Kegiatan pelaksanaan bimbingan konseling dalam penanaman konsep diri pada tunanetra binaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kudus ialah dengan penerapan metode terapi self-healing, motivasi, berbagi pengalaman positif dan penerapan keterampilan serta teknologi. Secara tidak langsung pembina juga memberikan pelayanan bimbingan konseling penanaman konsep diri pada penyandang tunanetra dengan layanan konseling kelompok dengan metode elektif dan teknik yang bersifat lahir maupun batin. 3) Faktor penghambat pelaksanaan bimbingan konseling dalam penanaman konsep diri pada tunanetra ialah kurangnya pemahaman materi bagi pembina khususnya dalam pembelajaran bagi penyandang tunanetra. Sedangkan faktor pendukung dari pelaksanaan bimbingan konseling dalam penanaman konsep diri pada tunanetra ialah adanya antusiasme penyandang tunanetra yang mengikuti pelaksanaan tersebut, pemahaman penyandang tunanetra yang cepat tanggap dalam penyampaian materi, keterbukaan pihak pembina Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bimbingan Konseling, Konsep Diri, Tunanetra
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:39
Last Modified: 16 Nov 2022 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7697

Actions (login required)

View Item View Item