Muarif, Ah. Dalhar (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI PT. BPRS ARTHA MAS ABADI KABUPATEN PATI. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
FILE 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE 9.pdf Download (2MB) |
Abstract
Perbankan syariah merupakan lembaga intermediary financing yang menggunakan prinsip syariah. Dua fungsi utama perbankan syariah adalah mengumpulkan dan menyalurkan dana. Penyaluran dana yang dilakukan oleh bank syariah adalah pemberian pembiayaan kepada nasabah yang membutuhkan, baik untuk modal usaha (musyarakah dan mudharabah) ataupun untuk konsumsi (murabahah, salam dan istishna’). Untuk tahun 2014 porsi pembiayaan untuk akad jual beli (murabahah, salam dan istishna’) mencapai 81,25% berbanding terbalik dengan pembiayaan akad bagi hasil (musyarakah dan mudharabah) yang hanya 13,39%. Porsi pembiayaan musyarakah di PT. BPRS Artha Mas Abadi sebesar 40,4 %, yang mana ini merupakan jumlah porsi yang besar jika dilihat dari jumlah porsi secara nasional. Keberhasilan produk pembiayaan musyarakah ini tentu tidak terlepas dari manajemen pemasaran (faktor product, price, place dan promotion) yang dijalankan oleh PT. BPRS Artha Mas Abadi dan perilaku nasabah musyarakah (faktor budaya, pribadi, sosial dan psikologis) menyangkut keputusan yang diambil dalam memilih produk pembiayaan musyarakah di PT. BPRS Artha Mas Abadi. Melihat permasalahan di atas maka penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pendekatan fenomenologis tersebut dipilih untuk memahami arti dari suatu peristiwa dan keterkaitan yang ada di dalamnya secara lebih mendalam. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi yang terbagi dari data primer dan data sekunder. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan adalah faktor pribadi dengan indikator sesuai dengan pekerjaan dan keadaan ekonomi nasabah, dilanjutkan dengan faktor harga dengan indikator periode pembayaran dan diskon yang menarik serta faktor promosi dengan indikator pemasaran langsung oleh account officer . Faktor yang paling sedikit berpengaruh adalah faktor tempat dan faktor budaya. Faktor budaya dengan indikator agama tidak berpengaruh signifikan karena persepsi nasabah tentang perbankan syariah sama dengan perbankan konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keputusan Nasabah; Pembiayaan Musyarakah |
Subjects: | Fiqih > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Mar 2017 03:44 |
Last Modified: | 04 Mar 2017 03:44 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/770 |
Actions (login required)
View Item |