Putri, Azlinda Febriani (2022) Implementasi Model Word Square Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIN 1 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (336kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (569kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (787kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (420kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (664kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (664kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (362kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dari ketrampilan membaca pemahaman pada siswa kelas III MIN 1 Pati belum mencapai kriteria ketuntasan. Oleh karena itu guru kelas dalam mempersiapkan pembelajaran dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia harus diperhatikan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III MIN 1 Pati? 2) Bagaimana Implementasi model Word Square keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas III MIN 1 Pati? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat beserta solusi hambatannya dalam implementasi pembelajaran keterampilan membaca dengan menggunakan model Word Square pada siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pati? Penelitian ini penelitian field research dengan pendekatan kualitatif pada kelas III MIN 1 Pati. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi terus terang, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sumber data primernya adalah kepala madrasah, guru kelas III, dan Waka Kurikulum dan sumber sekundernya berupa dokumentasi terkait profil tentang MIN1 Pati, Pemetaan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran Bahasa Indonesia, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan evaluasi pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III MIN 1 Pati dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Word Square. 2) Implementasi atau penerapan model Word Square keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas III ada perencanaan yang telah dibuat oleh guru kelas yang berupa RPP sebelum melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan standar kurikulum 2013. 3) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru kelas dalam menerapkan pembelajaran bahasa Indonesia di MIN 1 Pati meliputi ; a) faktor penghambatnya guru masih ada kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. b) faktor pendukungnya, keberhasilan dalam mempersiapkan diri dan menguasai materi sebelum melaksanakan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca, Membaca Pemahaman, Model Word Square |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 07:40 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 07:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7774 |
Actions (login required)
View Item |