Pengembangan Booklet Dismenore Dalam Sistem Reproduksi Berbasis Integrasi Ilmu Keislaman Jenjang SMA/MA

Yusriyah, Maitsa Luqiana (2022) Pengembangan Booklet Dismenore Dalam Sistem Reproduksi Berbasis Integrasi Ilmu Keislaman Jenjang SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (880kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (626kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (801kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan booklet dismenore dalam sistem reproduksi berbasis integrasi ilmu keislaman jenjang SMA/MA. Penelitian ini terdiri dari: 1) Bagaimana pengembangan booklet dismenore dalam sistem reproduksi 2) Bagaimana respon peserta didik dengan adanya booklet dismenore dalam sistem reproduksi berbasis integrasi ilmu keislaman jenjang SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Terdapat lima langkah dalam pengembangan booklet dismenore diantaranya yaitu: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Booklet yang dikembangkan di validasi oleh 2 dosen Tadris Biologi IAIN Kudus yang tediri dari 1 ahli media dan 1 ahli materi. Penelitian ini diuji cobakan di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa, Pati dengan subyek 1 guru biologi dan 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penilaian angket. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisa dengan kriteria kevalidan dan kepraktisan booklet yang sebelumnya sudah ditentukan sehingga mendapatkan hasil yaitu validasi oleh ahli media mendapatkan nilai 86,70% dan penilaian oleh ahli materi mendapatkan nilai 91,17%. Hasil penilaian dari ahli media dan ahli materi maka booklet dismenore dikategorikan “sangat valid”. Hasil dari uji coba booklet dismenore di sekolah mendapatkan nilai dari penilaian guru yaitu 92,30% dan dari penilaian siswa sebesar 83,63%, sehingga dari hasil uji coba yang telah dilakukan maka booklet dismenore dikategorikan “praktis/layak”. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba maka booklet dismenore dapat digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Booklet Dismenore, Integrasi Ilmu Keislaman, Sistem Reproduksi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:26
Last Modified: 12 Dec 2022 03:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7832

Actions (login required)

View Item View Item