Pendidikan Multikultural Perspektif Abdurrahman Wahid Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Saat Ini

Munawaroh, Dina Hidayatul (2022) Pendidikan Multikultural Perspektif Abdurrahman Wahid Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Saat Ini. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (536kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (273kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (565kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (333kB)

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui konsep multikulturalisme Abdurrahman Wahid dan untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan Abdurrahman Wahid dalam merealisasikan multikulturalisme dalam pendidikan Islam di Indonesia. Adapun jenis penelitian adalah penelitian pustaka (library research). Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analitis, penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskriptifkan keberadaan makna yang tersirat, kemudian diuraikan secara teratur seluruh konsep yang ada relevansinya dengan pembahasan yaitu multikulturalisme pemikiran Abdurahman Wahid, relevansinya dengan pendidikan Islam. Kemudian data-data yang telah terkumpul disusun sebagaimana mestinya, kemudian diadakan sebuah analitis yang mendalam. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dalah pendekatan hermeneutik, pendekatan ini merupakan aktifitas interpretasi terhadap suatu objek yang mempunyai makna (meaning full form) dengan tujuan untuk menghasilkan kemungkinan pemahaman objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep multikulturalisme Abdurrahman Wahid relevan dengan pendidikan Islam di Indonesia sampai saat ini. Hal itu terbukti dengan adanya nilai-nilai yang dijunjung tinggi olehnya dalam aspek manusia seperti nilai persamaan derajat, nilai demokrasi dan nilai kesetaraan gender yang ditujukan kepada guru dan peserta didik dalam proses pendidikan Islam. Adapun aspek lain yang relevan adalah aspek kurikulum yang dibagi menjadi aspek materi dan aspek evaluasi. Materi yang dikembangkan dalam pendidikan Islam yang multikultural ini adalah tentang hak-hak minoritas dan kebebasan berpikir yang dimiliki peserta didik. Aspek evaluasi pendidikan Islam yang multikultural peserta didik mempunyai hak untuk membahasakan pengetahuan dengan bahasanya sendiri, kritis dan terbuka terhadap berbagai perbedaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multikulturalisme dan Pendidikan Islam Masa Kini
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:37
Last Modified: 14 Dec 2022 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7914

Actions (login required)

View Item View Item