Pemberdayaan Anak Yatim Dan Dhuafa Melalui Pembinaan Program Pendidikan Sanggar Genius Di Lembaga Yatim Mandiri Kudus

Lailia, Dewi Hanul (2022) Pemberdayaan Anak Yatim Dan Dhuafa Melalui Pembinaan Program Pendidikan Sanggar Genius Di Lembaga Yatim Mandiri Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (946kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (617kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (567kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (342kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan anak yatim dan dhuafa melalui pembinaan program pendidikan Sanggar Genius serta mengetahui Outcome dari pemberdayaan anak yatim dan dhuafa melalui pembinaan program pendidikan Sanggar Genius di Lembaga Yatim Mandiri Kudus. Tujuan tersebut tidak lain sebagai pemenuhan hak dalam mendapatkan Pendidikan yang layak, karena tanpa kita sadari sebenarnya semua anak diciptakan dengan beragam macam potensi, tidak terkecuali anak yatim dan dhuafa yang juga mempunyai potensi mempuni jika mereka diberikan Pendidikan yang layak. Pengembangan kemampuan, pembinaan belajar, atau pelatihan keterampilan dapat mengasah pola pikir anak yatim dan dhuafa untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan merubah masa depan mereka menjadi lebih baik. Pada realitanya anak yatim dan dhuafa yang tinggal di sekitar lingkungan kita hanya mendapatkan Pendidikan dalam lingkup formal sekolah bahkan ada diantaranya yang harus memutuskan untuk tidak bersekolah lantaran terkendala ekonomi keluarga. Hal tersebut yang membuat Lembaga Yatim Mandiri Kudus memiliki gagasan untuk menciptakan program pemberdayaan kepada anak yatim dan dhuafa dalam bidang Pendidikan Sanggar Genius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana dalam penelitian ini mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan sosial, baik itu secara individu, kelompok, lembaga ataupun masyarakat. Pengambilan data diperoleh dari observasi, praktik, wawancara dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 8 orang, yaitu Kepala Lembaga Yatim Mandiri Kudus, Staff admin Yatim Mandiri Kudus, guru pengajar di Sanggar Genius Yatim Mandiri Kudus, anak didik Sanggar Genius Yatim Mandiri Kudus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) pemberdayaan dalam bidang Pendidikan yang bernama Genius ini memiliki sasaran utama yaitu anak yatim dan dhuafa dan memiliki Guru pilihan yang telah diberikan pelatihan khusus sebelumnya 2) program genius mengajarkan tentang pendidikan akademik terkhusus mata pelajaran matematika serta mata pelajaran lainnya sebagai pendamping, pendidikan non akademik yang terkait dengan akhlaqul karimah, dan keterampilan dalam mengaji, 3) menjadikan anak lebih mandiri dengan adanya bimbingan belajar yang diterapkan oleh guru genius serta dapat mengikuti seleksi Omatiq, selain itu, mendapatkan beasiswa berupa uang dan beasiswa pendidikan lanjutan dengan tujuan agar anak yatim dan dhuafa memiliki bekal ilmu pengetahuan di dunia maupun di akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Anak Yatim Dhuafa, Pembinaan, Program Pendidikan
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:12
Last Modified: 15 Dec 2022 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7930

Actions (login required)

View Item View Item