Pegaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas Besar Di Sekolah Dasar Negeri Jatisari Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021

Widyaningrum, Niken Maulida (2022) Pegaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas Besar Di Sekolah Dasar Negeri Jatisari Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (342kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (880kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Permasalahan yang sering ditemui pada lingkungan sekitar yaitu kurangnya pantauan orang tua dalam penggunaan gadget sehingga anak menjadi kecanduan bermain gadget dan mengakibatkan rendahnya perilaku sosial anak pada lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa kelas besar di Sekolah Dasar Negeri Jatisari Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2020/2021. Peneilitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik teknik simple random sampling dimana cara pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak. Peneliti mengambil 25 populasi dari 103 jumlah siswa kelas besar SDN Jatisari untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket), interview (wawancara), dan observasi. Hasil penelitian dan pemaparan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat nilai koefisien korelasi dengan jumlah N 25 terdapat pada r_tabel adalah = 0,3961 sedangkan r_observasisebesar = 0,773. Maka r_observasi ˃ r_tabel. Sehingga pada taraf signifikasn 5% dinyatakan signifikan. Selain itu, dapat dilihat dari hasil uji t memperoleh nilai t_hitung untuk variabel penggunan gadget sebesar 5,838 dimana nilai tersebut lebih besar dari t_tabel (1,708), yang artinya adanya sutau pengaruh yang signifikan. Dari hasil hitungan persentase yang menggunakan rumus koefisien determinasi terdapat 59,7% pengaruh yang diberikan oleh penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget, Perilaku Sosial.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Dec 2022 01:58
Last Modified: 20 Dec 2022 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7963

Actions (login required)

View Item View Item