Pengembangan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata (Studi Tentang Pasar Bungah Desa Janggalan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus)

Faidah, Ulil (2022) Pengembangan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata (Studi Tentang Pasar Bungah Desa Janggalan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (999kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (263kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (140kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (453kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga pokok tujuan sebagai berikut, 1) Mengetahui proses pengembangan masyarakat berbasis potensi lokal di Pasar Bungah; 2) Mengetahui strategi yang dibutuhkan untuk menghubungkan potensi pasar, budaya lokal dan pariwisata dalam Pasar Bungah; 3) Mengetahui peran tokoh masyarakat dalam strategi menghubungkan potensi pasar, budaya lokal dan pariwisata. Fokus penelitian ini adalah pengembangan masyarakat berbasis potensi lokal, dalam aspek peningkatan ekonomi masyarakat Desa Janggalan melalui desa wisata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, kemudian pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengambilan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini ada 4 yaitu: kepala Desa Janggalan, tokoh adat Desa Janggalan, ketua panitia Pasar Bungah, dan pedagang Pasar Bungah Desa Janggalan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori analisis dari Milles dan Huberman yakni analisis yang terdiri dari empat alur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Kepala Desa Janggalan merangkul masyarakat untuk dapat mengelola potensi yang ada agar mampu bermanfaat bagi masyarakat luas. Masyarakat ikut serta berpartisipasi mulai memberikan gagasan hingga pelibatan dalam pembangunan. Terdapat 4 tahapan dalam pembangunan Pasar Bungah yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengoperasian dan evaluasi. Kedua, Strategi pada penghubungan potensi pasar, budaya lokal dan pariwisata dalam Pasar Bungah di Desa Janggalan yang dilaksanakandapat menarik wisatawan untuk datang ke Pasar Bungah dengan disuguhkan bagi pengunjung yaitu adanya wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah maupun wisata budaya dengan menggali potensi-potensi ekonomi kemasyarakatan. Ketiga, Adanya pengembangan potensi lokal tersebut, tidak terlepas dari peran serta pemerintah desa terutama kepala desa. Dapat disimpulkan bahwa peran kepala desa sebagai actor utama dalam pengembangan masyarakat ini memiliki peran nyata untuk kemajuan masyarakat dari segi ekonomi, sosial dan budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Potensi Lokal dan Pasar Bungah
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:25
Last Modified: 20 Dec 2022 02:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7966

Actions (login required)

View Item View Item