METODE DAKWAH LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDII) DALAM MEMBINA MORAL REMAJA (STUDI KASUS PADA REMAJA LDII DI DESA MLATI KIDUL KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS)

Chiyaruddin, Muhammad (2016) METODE DAKWAH LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDII) DALAM MEMBINA MORAL REMAJA (STUDI KASUS PADA REMAJA LDII DI DESA MLATI KIDUL KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS). Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dalam membina moral remaja dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan metode dakwah kepada remaja LDII di Desa Mlati Kidul Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Metode dakwah yang diselenggarakan oleh LDII adalah metode hikmah yang berupa pengajian al-Qur’an dan al-Hadis yang disampaikan oleh Mubaligh/Ustadz dengan bacaan, makna dan keterangan, metode mauidzah hasanah yang berupa pemberian nasehat/ceramah setelah sholat Jum’at dan selesai pengajian remaja, dan metode mujadalah yang berupa berdiskusi keagamaan antar sesama remaja. Hambatan-hambatan yang dialami dalam metode dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dalam membina moral remaja adalah kurangnya keterampilan para mubaligh dalam menyampaikan ilmu, pengaruh lingkungan yang kurang baik, pengaruh perkembangan teknologi modern, dan perbedaan pendapat diantara para remaja. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimanakah metode dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dalam membina moral remaja di Desa Mlati Kidul Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi yang diperoleh dari narasumber terkait. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa metode dakwah yang diselenggarakan oleh LDII Kabupaten Kudus dapat diterima dan dilaksanakan oleh remaja dan dengan harapan terwujudnya pembinaan moral remaja yang berjalan secara efektif dan berkesinambungan, menjaga remaja dari pengaruh negatif, dan terwujudnya kondisi moral yang baik dikalangan para remaja. Sehingga pembinaan moral kepada remaja bisa sesuai dengan harapan yang dicapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah; LDII; Moral Remaja
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 12 Mar 2017 04:14
Last Modified: 12 Mar 2017 04:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item