PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN GENDER (PESPEKTIF K.H. AHMAD BASYIR JEKULO KUDUS)

Waro, Fiki Badi’atul (2016) PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN GENDER (PESPEKTIF K.H. AHMAD BASYIR JEKULO KUDUS). Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pengambilan historis yang menceritakan K.H Ahmad Basyir dalam menjembatani kesenjangan hak antara laki-laki dan perempuan dalam pendidikan di Jekulo Kudus. Adapun fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter berwawasan gender perspektif K.H Ahmad Basyir, (2 Bagaimana praktik pendidikan karakter perspektif K.H Ahmad Basyir), (3) Bagaimana relevansi pendidikan karakter berwawasan gender K.H Ahmad Basyir dengan pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter berwawasan gender perspektif K.H Ahmad Basyir Jekulo Kudus. Pada proses penggalian data peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan informan, kemudian data tersebut dianalisis secara kualitatif, sehingga dapat diketahui dengan jelas bagaimana pendidikan karakter berwawasan gender perspektif K.H Ahmad Basyir Jekulo Kudus. Pengambilan data primer dari peneliti yaitu dengan wawancara pada sumber obyek sebagai sumber informasi yang dicari yaitu dari putri dan putri K.H Ahmad Basyir, santri, dan juga masyarakat. Sedangkan pengambilan data sekunder yaitu dengan observasi terhadap lingkungan sekitar, yang didukung dengan dokumentasi buku yang terkait. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif dengan dipadukan analisis gender yaitu untuk mengidentifikasi sejarah peran laki-laki dan perempuan dalam konteks pendidikan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter berwawasan gender perspektif K.H Ahmad Basyir Jekulo Kudus yaitu : (1) nilai-nilai pendidikan karakter berwawasan gender perspektif K.H Ahmad Basyir (2) praktik pendidikan karakter perspektif K.H Ahmad Basyir) (3). relevansi pendidikan karakter berwawasan gender K.H Ahmad Basyir dengan Pendidikan Agama Islam Adapun hasil dari konsep K.H Ahmad Basyir adalah 1. Nilai-nilai pendidikan karakter berwawasan gender dari beliau yaitu menitikberatkan konsep pendidikan “Tringa” yaitu ngerti (mengetahui), ngroso (memahami), dan ngelakoni (melakukan). 2. Praktik pendidikan karaketr berwawsan gender perspektif K.H Ahmad Basyir yaitu sikap beliau yang tidak membedakan tugas antara laki-laki dan perempuan dalam menempatkan hak dan kewajiban baik pada lingkup vertikal (duniawi) maupun horisontal (ketuhanan). 3. Relevansi pendidikan karakter berwawasan gender perspektif K.H Ahmad Basyir dengan pendidikan agama Islam yaitu keduanya sama-sama menjunjung visi dalam agama Islam yaitu pendidikan yang berujung untuk menyempurnakan akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Gender; Perspektif K.H Ahmad Basyir
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Mar 2017 04:26
Last Modified: 12 Mar 2017 04:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item