Akrom, Moh (2022) Optimalisasi Pembelajaran PAI Dengan Media Pembelajaran Microsoft Teams Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. abstrak.pdf Download (393kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (573kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (755kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (327kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (278kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
Abstract
Awalnya pembelajaran PAI secara daring yang dilakukan guru PAI di SMK Negeri 3 Pati masa pandemi covid-19 menggunakan berbagai platform media sosial yang sebenarnya bukan khusus untuk media pembelajaran. Hal ini menyebabkan sekolah kesulitan dalam upaya memantau kegiatan pembelajaran, serta mengevaluasi hasil pembelajaran dan kinerja guru. Oleh sebab itu memasuki tahun pelajaran 2020/2021, SMK Negeri 3 Pati akhirnya menetapkan sebuah platform aplikasi digital media pembelajaran Microsoft Teams yang memiliki berbagai fitur yang memudahkan dalam aktivitas dan evaluasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis penggunaaan media Microsoft Teams pada pembelajaran PAI di SMK Negeri 3 Pati yang berlangsung secara optimal. Jenis penlitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan metode kualitatif pendekatan yang bersifat deskriptif analisis. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, Tim Media Informatika, dan Siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pati. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan pembelajaran PAI dengan media Microsoft Teams masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Pati yang dilakukan oleh Pihak Sekolah meliputi; Membentuk Tim Media Informatika (TMI), Melakukan Sosialisasi dan Bimtek. Adapun Perencanaan yang dilakukan oleh Guru PAI mencakup Perencanaan, dan Pengelolaan Pembelajaran PAI dengan Microsoft Teams. Pelaksanaan yang dilakukan pihak sekolah yaitu dengan melakukan Pembagian tugas mengajar oleh Waka Kurikulum. Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran oleh Guru PAI dengan memanfaatkan berbagai fitur dalam Microsoft Teams. Evaluasi yang dilakukan oleh pihak sekolah berkaitan dengan perangkat pembelajaran, Keaktifan dan Kreatifitas Guru PAI serta kelengkapan administrasi pelaporan Kegiatan mengajar sebagai bahan Supervisi Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Pati. Adapun Evaluasi yang dilakukan oleh guru PAI terkait dengan perangkat pembelajaran, aktivitas siswa di Microsoft Teams, dan penyelesaian penugasan. Dengan Microsoft Teams, guru PAI menjadi lebih mudah dalam menyampaikan materi, interaksi antara guru dan siswa lebih mudah dan lebih aktif, sehingga tercapailah Optimalisasi pembelajaran PAI di SMK Negeri 3 Pati masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Media daring, Microsoft Teams, PAI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 02:10 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 02:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8064 |
Actions (login required)
View Item |