Efektivitas Pembelajaran Musyafahah-Tajwid dengan Menggunakan Metode Yanbu’a terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di MTs NU Banat Kudus

Amanina, Nailna (2022) Efektivitas Pembelajaran Musyafahah-Tajwid dengan Menggunakan Metode Yanbu’a terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di MTs NU Banat Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (537kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (631kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (250kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)

Abstract

Pentingnya kecerdasan spiritual dalam diri seseorang menjadi tombak kebahagiaan dalam kehidupannya. Kecerdasan spiritual dapat diupayakan melalui pendidikan agama dengan bersumber pada masing-masing kitab sucinya, sebagaimana Pendidikan Agama Islam yang bersumber pada kitab suci Al-Qur’an. Pada pembelajaran PAI tersebut tidak lepas dari kemampuan seorang murid dalam membaca dan menulis dalam rangka memahami bacaan Al-Qur’an. Sehingga, diperlukan upaya pengajaran Al-Qur’an secara intensif diantaranya melalui musyafahah yang sudah diterapkan di MTs NU Banat Kudus dengan menggunakan metode Yanbu’a di dalamnya. Idealnya, ketika seorang murid mampu membaca, menulis serta memahami dari ayat dan kandungan Al-Qur’an, maka akan lebih tertata terkait spiritualnya dan kecerdasan spiritual tersebut dapat lebih baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilaksanakan atas tujuan untuk mengetahui pembelajaran Musyafahah-Tajwid dengan menggunakan metode Yanbu’a dan kecerdasan spiritual peserta didik di MTs NU Banat Kudus serta untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Musyafahah-Tajwid dengan menggunakan metode Yanbu’a dalam kecerdasan spiritual peserta didik di MTs NU Banat Kudus. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan pola berpikir deduktif. Data yang dikumpulkan melalui beberapa teknik yaitu wawancara dengan guru Musyafahah-Tajwid, angket yang dibagikan pada 70 responden dan dokumentasi. Selanjutnya, tahapan pengolahan data disajikan dalam bentuk statistik deskriptif dan tahapan analisis data dilaksanakan melalui pengujian uji t dan uji F melalui bantuan program aplikasi SPSS 22. Penelitian ini memberikan hasil diantaranya yaitu: 1) Pembelajaran Musyafahah-Tajwid dengan menggunakan metode Yanbu’a disebutkan baik dengan dibuktikannya perolehan rata-rata 36.12 yang termasuk dalam kategori baik dengan interval 34-37 sebanyak 52%, 2) Kecerdasan spiritual peserta didik MTs NU Banat Kudus juga disebutkan baik dengan dibuktikannya perolehan rata-rata 36.2 yang termasuk dalam kategori baik dengan interval 33-37 sebanyak 54%, 3) Efektivitas pembelajaran Musyafahah-Tajwid dengan menggunakan metode Yanbu’a terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di MTs NU Banat Kudus dapat dibuktikan efektif dengan hasil perhitungan dari uji t dengan melakukan perbandingan nilai thitung yang melebihi dari nilai ttabel yaitu 4.364>1.995 dengan nilai Sig. lebih kecil dari 0.05 yaitu sebesar 0.000. Sehingga, dapat diartikan penelitian ini sudah menjawab dari hipotesis yang diuraikan dengan hasil jawaban yaitu hipotesis alternatif diterima atau terdapat efektivitas pada pembelajaran Musyafahah-Tajwid dengan menggunakan metode Yanbu’a terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di MTs NU Banat Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Musyafahah-Tajwid, Metode Yanbu’a, Kecerdasan Spiritual
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:22
Last Modified: 28 Dec 2022 02:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8066

Actions (login required)

View Item View Item