Peran Bimbingan Terapis Dalam Membentuk Kebiasaan Sholat Wajib Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Darul Fathonah Kudus

Asnawi, Mahfud (2022) Peran Bimbingan Terapis Dalam Membentuk Kebiasaan Sholat Wajib Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Darul Fathonah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki karakter khusus yang berbeda dari anak normal pada umumya. Meskipun demikian, anak berkebutuhan khusus memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam pendidikan umum maupun pendiddikan keagamaan. Shalat adalah salah satu materi pendidikan Islam yang penting untuk diajarkan kepada semua siswa termasuk anak berkebutuhan khusus hal yang menarik untuk dikaji adalah ketika terapis melaksanakan bimbingan shalat wajib yang ada di Rumah Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Darul Fathonah Kudus secaraa bersama-sama dan idividu terhadap anak yang memiliki kebutuhan khusus yang berbeda-beda. Pada saat bimbingan shhalat wajib anak terkadang mengalami tantrum, tidak fokus baahkan sampai menangis. Tentu hal ini berdampak dalam proses bimbingan shalat wajib, pemilihan metode yang tepat agar materi bimbingan dapat di terima oleh semua anak berkebutuhan khussus. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui peran bagaimana bimbingan terapis dalam membentuk kebiasaan shalat wajib pada anak berkebutuhan khusus di Darul Fathonah Kudus 2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan terapis dalam menumbuhkan kebiasaan shalat wajib dirumah terapi ABK Darul Fatonah Kudus Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisa menggunakan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung dengan 3 narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan bimbingan terapis dalam menumbuhkan kebiasaan shalat wajib anak berkebutuhan khusus di Rumah Terapi ABK Darul Fathonah Kudus. Melalui metode praktik secara langsung, terapis berperan sebagai pengingat, penolong, pembebas dan menuntun dalam menumbuhkan kebiasaan shalat wajib pada ABK, bimbingan yang diterapkan kepada setiap anak melalui beberapa proses seperti, diagnosa anak, pengamatan dan penggalian masalah pada setiap anak. Dengan diketahuinya beberapa proses yang telah dilaksanakan maka terapis akan mudah menentukan metode yang tepat untuk masing-masing anak ABK. Faktor pendukung dapat dipengaruhi dari mana saja, seperti para terapis yang berpengalaman dalam bidangya, yang didukung dengan pendidikan yang berbasis psikologi dan berbasis pendidikan. Jadwal bimbingan yang diambil di Rumah Terapi ABK Darul Fathonah Kudus dapat mempengaruhi banyaknya bimbingan shalat wajib yang dilakukan terapis kepada anak secara langsung, perhatian orang tua, dan sarana-prasarana di Rumah Terapi ABK Darul Fathonah Kudus yang cukup memfasilitasi dilaksanakannya bimbingan terapis dalam menumbuhkan kebiasaan shalat wajib

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: peran bimbingan terapis dan kebiasaaan shalat wajib
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:33
Last Modified: 29 Dec 2022 01:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8070

Actions (login required)

View Item View Item