Implementasi Program Pendamping Belajar “Konco Sinau” Untuk Mengatasi Problem Learning Masa Pandemi Covid-19 Oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Di Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang Tahun 2020

Lestiyanto, Bayu (2022) Implementasi Program Pendamping Belajar “Konco Sinau” Untuk Mengatasi Problem Learning Masa Pandemi Covid-19 Oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Di Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang Tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (724kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (438kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program pendamping belajar “Konco Sinau” yang dilaksanakan oleh PAC IPNU dan IPPNU Kecamatan Sumber. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Program Pendamping Belajar Konco Sinau. Mengetahui indikator keberhasilan pelaksanaan Program Pendamping Belajar “Konco Sinau” Oleh PAC IPNU dan IPPNU Kecamatan Sumber. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tahapan penelitian meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Semua data yang telah dikumpulkan dianalisis dan disimpulkan. Setelah tercapai tujuan dalam penelitian ini, selanjutnya diharapkan sebuah solusi dan masukan mengenai Implementasi Program Pendamping Belajar “Konco Sinau” Untuk Mengatasi Problem Learning Masa Pandemi Covid-19 Oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Di Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang Tahun 2020. Hasil dari penelitian peran Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama mengatasi problem learning masa Pandemi Covid-19 melalui program pendamping belajar “Konco Sinau” menunjukkan bahwa pelaksanaan program Konco Sinau sangat efektif dilaksanakan ditengah pandemi COVID-19 dan masih membutuhkan keberlanjutan dalam waktu pelaksanaannya. Oleh karena itu rekan dan rekanita PAC IPNU dan IPPNU Kecamatan Sumber mengadakan program “Konco Sinau” sebagai wujud pengabdian kepada negeri yaitu untuk mengatasi permasalahan pembelejaran (Problem Learning) Masa Pandemi Covid-19. Adapun tahapan pelaksanaan program pendamping belajar “Konco Sinau”, pertama menentukan lokasi untuk tempat pelaksanaan kegiatan, setelah itu perizinan terhadap tempat dan perangkat desa terkait mengingat program tersebut dilaksanakan pada masa Pandemi Covid-19, dan yang terakhir pelaksanaan Program Konco Sinau dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan yang belaku dan diawali dengan bimbingan religious kepada peserta didik kemudian dilaksanakan tambahan waktu belajar untuk para peserta didik sesuai dengan materi tingkatan yang para rekan dan rekanita ampu. Dampak setelah diterapkannya program pendamping belajar “Konco Sinau” menurut keterangan orang tua peserta didik, program Konco Sinau cukup efektif untuk mengurangi efek pemakaian gadget oleh para peserta didik dan menambah waktu belajar secara efisien bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Learning, Program Konco Sinau, Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:34
Last Modified: 30 Dec 2022 03:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8094

Actions (login required)

View Item View Item