Nida, Hilyatun (2022) Analisis Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Demokratis Kepala MI Al Yasiniyah Kec. Jekulo Kab. Kudus dalam Peningkatan Mutu Madrasah Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (408kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (405kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (247kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (937kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (269kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep kepemimpinan di MI Al Yasiniyah Kec. Jekulo Kab. Kudus (2) untuk mengetahui implementasi gaya kepemimpinan partisipatif dan demokratis kepala MI Al Yasiniyah Jekulo Kudus dalam Peningkatan Mutu Madrasah Tahun Ajaran 2021/2022 (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh kepala MI Al Yasiniyah Kec. Jekulo Kab. Kudus dan pemecahannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di mana peneliti memaparkan dan menganalisis fokus penelitian dengan menggunakan teknik pengumpulan data: Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan di MI Al Yasiniyah sebagai data primer dan juga melakukan observasi dan dokumentasi terhadap dokumen-dokumen penunjang terkait fokus penelitian seperti Rencana Kerja, Rencana Anggaran Biaya, Profil MI Al Yasiniyah sebagai data sekunder yang kemudian data-data tersebut (primer dan sekunder) dianalisis menggunakan teknik koleksi data, reduksi data, penyajian data dan simpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep Kepemimpinan kepala MI Al Yasiniyah adalah kepemimpinan yang mampu mendengarkan ide-ide dan menjadi partner serta mengayomi para guru, staf, siswa dan warga madrasah. (2) Gaya kepemimpinan yang diimplementasikan kepala MI Al Yasiniyah yaitu Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Gaya Kepemimpinan Demokratis. Hal tersebut didasarkan pada adanya hubungan kerjasama yang baik antara kepala madrasah dengan para guru dan staf, adanya dukungan kepala madrasah dalam mengembangkan kreativitas para guru, kebebasan berpendapat yang diterapkan di MI Al Yasiniyah, serta kepala Madrasah bersama para guru menetapkan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan target MI Al Yasiniyah yang mana seluruh hal tersebut adalah upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu MI Al Yasiniyah. (3) Kepala MI Al Yasiniyah bersama para guru melakukan diskusi dan musyawarah untuk mencari solusi terhadap penyelesaian masalah yang ada di lingkungan madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kendala, Mutu |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 01:43 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 01:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8142 |
Actions (login required)
View Item |