Analisis Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Demokratis Kepala MI Al Yasiniyah Kec. Jekulo Kab. Kudus dalam Peningkatan Mutu Madrasah Tahun Ajaran 2021/2022

Nida, Hilyatun (2022) Analisis Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Demokratis Kepala MI Al Yasiniyah Kec. Jekulo Kab. Kudus dalam Peningkatan Mutu Madrasah Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (405kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (937kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep kepemimpinan di MI Al Yasiniyah Kec. Jekulo Kab. Kudus (2) untuk mengetahui implementasi gaya kepemimpinan partisipatif dan demokratis kepala MI Al Yasiniyah Jekulo Kudus dalam Peningkatan Mutu Madrasah Tahun Ajaran 2021/2022 (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh kepala MI Al Yasiniyah Kec. Jekulo Kab. Kudus dan pemecahannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di mana peneliti memaparkan dan menganalisis fokus penelitian dengan menggunakan teknik pengumpulan data: Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan di MI Al Yasiniyah sebagai data primer dan juga melakukan observasi dan dokumentasi terhadap dokumen-dokumen penunjang terkait fokus penelitian seperti Rencana Kerja, Rencana Anggaran Biaya, Profil MI Al Yasiniyah sebagai data sekunder yang kemudian data-data tersebut (primer dan sekunder) dianalisis menggunakan teknik koleksi data, reduksi data, penyajian data dan simpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep Kepemimpinan kepala MI Al Yasiniyah adalah kepemimpinan yang mampu mendengarkan ide-ide dan menjadi partner serta mengayomi para guru, staf, siswa dan warga madrasah. (2) Gaya kepemimpinan yang diimplementasikan kepala MI Al Yasiniyah yaitu Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Gaya Kepemimpinan Demokratis. Hal tersebut didasarkan pada adanya hubungan kerjasama yang baik antara kepala madrasah dengan para guru dan staf, adanya dukungan kepala madrasah dalam mengembangkan kreativitas para guru, kebebasan berpendapat yang diterapkan di MI Al Yasiniyah, serta kepala Madrasah bersama para guru menetapkan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan target MI Al Yasiniyah yang mana seluruh hal tersebut adalah upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu MI Al Yasiniyah. (3) Kepala MI Al Yasiniyah bersama para guru melakukan diskusi dan musyawarah untuk mencari solusi terhadap penyelesaian masalah yang ada di lingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kendala, Mutu
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jan 2023 01:43
Last Modified: 10 Jan 2023 01:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8142

Actions (login required)

View Item View Item