Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Romadhona, Dyanita Della (2022) Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (697kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (423kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (445kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kreativitas guru dalam pembelajaran blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di MA Mu’allimat NU Kudus (2) Mengetahui implementasi pembelajaran blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di MA Mu’allimat NU Kudus (3) Mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran blended learning pada mata pelajaran PAI di MA Mu’allimat NU Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan orang yang mengumpulkan data hasil observasi yang lebih mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang diperoleh berbentuk kata-kata yang diperoleh dari para informan sebagai sumber data, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang didapat, kemudian melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data dengan menggunakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Kreativitas guru dalam manajemen kelas meliputi: guru menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. pembelajaran dilaksanakan dengan sistem shift, dan pengelolaan ruang dilakukan dengan penempatan satu bangku untuk satu siswa. Sedangkan kreativitas guru dalam pemanfaatan media belajar guru PAI menggunakan audio-visual, powerpoint dan website. Kedua, implementasi pembelajaran blended learning dilaksanakan dengan prosentase 50% tatap muka dan 50% daring dengan durasi waktu 45 menit pada setiap mata pelajaran PAI. Ketiga, motivasi belajar siswa meningkat dalam pembelajaran blended learning yang ditunjukkan dengan siswa rajin mengumpulkan tugas, siswa yang semangat dalam pembelajaran yang disertai menggunakan metode dan media dalam proses pembelajaran blended learning di MA Mu’allimat NU Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kreativitas guru, blended learning, motivasi belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:11
Last Modified: 27 Jan 2023 02:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8189

Actions (login required)

View Item View Item