Implementasi Layanan Bimbingan Karir Dalam Menumbuhkan Minat Siswa Melanjutkan Studi Lanjut Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII di SMK Islam Manba’ul Ulum Mayong Jepara

Sofa, Azza Faila (2022) Implementasi Layanan Bimbingan Karir Dalam Menumbuhkan Minat Siswa Melanjutkan Studi Lanjut Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII di SMK Islam Manba’ul Ulum Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (857kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (270kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (583kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan karir terhadap studi lanjut ke perguruan tinggi, 2) untuk mengetahui peran guru BK dalam menumbuhkan minat melanjutkan studi lanjut ke perguruan tinggi, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan minat siswa melanjutkan studi lanjut ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII di SMK Islam Manba’ul Ulum Kedungombo Buaran Mayong Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan ialah uji kredibilitas dengan perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi sumber, waktu, teknik, menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanakan layanan bimbingan karir sudah dilaksanakan dengan efektif pada peserta didik kelas XII di SMK Islam Manba’ul Ulum Kedungombo Buaran Mayong Jepara diantaranya: layanan bimbingan klasikal, layanan informasi, sosialisasi dari universitas untuk menumbuhkan minat melanjutkan studi lanjut ke perguruan tinggi. 2) Adapun peran guru BK yakni: Dengan pemberian motivasi kepada peserta didik khususnya kelas XII melalui layanan bimbingan klasikal, pemberian layanan bimbingan klasikal diberikan dengan topik tertentu misalnya kiat sukses masuk perguruan tinggi negeri/perguruan tinggi swasta, kerjasama dengan berbagai universitas untuk mengadakan sosisalisasi agar siswa dapat memiliki wawasan tentang perguruan tinggi, dan koordinasi dengan wali murid siswa untuk diajak kerjasama dalam menumbuhkan minat siswa mengingat keluarga adalah pendukung utama dalam keputusan terakhir siswa. 3) Adapun faktor pendukung menumbuhkan minat melanjutkan studi lanjut ke perguruan tinggi yaitu: semangat dari diri sendiri, dukungan dari orang tua dan keluarga, dan dukungan dari pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: keadaan ekonomi/biaya, lingkungan tempat tinggal, dan pengatuh teman sebaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karir, minat siswa, perguruan tinggi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:33
Last Modified: 01 Feb 2023 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8242

Actions (login required)

View Item View Item