Feronika, Sefia (2022) Pendidikan Karakter Jujur melalui Pendekatan Behavioristik dalam Pembelajaran IPS di SMP N 2 Mayong. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (706kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (354kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (416kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (304kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (544kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (215kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi mengenai adanya permasalahan berkurangnya kejujuran di lingkungan masyarakat, utamanya pada generasi muda yang kurang mendapatkan pendidikan berkaitan dengan karakter jujur. SMP N 2 Mayong Jepara menjadi salah satu lembaga pendidikan yang menanamkan pendidikan karakter jujur melalui pendekatan behavioristik, melainkan masih belum maksimal. Maka dari itu peneliti berkolaborasi dengan pendidik guna melakukan pendidikan karakter jujur melalui pendekatan behavioristik dalam pembelajaran IPS. Penggunaan pendekatan behavioristik dilakukan agar peserta didik dapat memiliki kebiasaan untuk bersikap jujur. Melalui hal tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan penelitian yakni; 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter jujur melalui pendekatan behavioristik dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Mayong. 2) Untuk mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter jujur melalui pendekatan behavioristik dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Mayong. 3) untuk menganalisis keberhasilan dari pelaksanaan pendidikan karakter jujur melalui pendekatan behavioristik dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Mayong, dilihat dari segi respon peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dan pengamatan. Dengan menggunakan metode action research, dimana peneliti berkolaborasi dengan pendidik untuk melaksanakan pendidikan karakter jujur melalui pendekatan behavioristik. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif untuk memperoleh data mengenai pendidikan karakter jujur melalui pendekatan behavioristic dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Mayong. Teknik yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam uji kebasahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan strategi dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter melalui pendekatan behavioristik diantaranya, pemberian stimulus melalui penayangan video tentang kejujuran, pemberian nasehat tentang kejujuran pada setiap selesai pembelajaran IPS, permainan tebak gambar yang memiliki manfaat untuk melatih kejujuran, 2) faktor pendorong dalam pelaksanaan pendidikan karakter jujur didapatkan dari adanya sikap baik peserta didik, dukungan lingkungan keluarga, dan kelebihan dari penggunaan pendekatan behavioristik. Kemudian faktor penghambat didapatkan dari sikap malas peserta didik, pengaruh perilaku buruk dari lingkungan masyarakat, kekurangan dari penggunaan pendekatan behavioristik. 3) keberhasilan pelaksanaan pendidikan karakter jujur melalui pendekatan behavioristik didapatkan dari respon baik peserta didik dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter jujur di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Kejujuran, Pendekatan Behavioristik, IPS. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 07:48 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 07:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8254 |
Actions (login required)
View Item |