Pengaruh Literasi Ekonomi, Hedonic Consumption Tendency dan Trend Fashion terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI Semester VIII IAIN Kudus Tahun Akademik 2021/2022

Andani, Rika Surya (2022) Pengaruh Literasi Ekonomi, Hedonic Consumption Tendency dan Trend Fashion terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI Semester VIII IAIN Kudus Tahun Akademik 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (724kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (667kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (756kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Ekonomi, Hedonic Consumption Tendency dan Trend Fashion terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI Semester VIII IAIN Kudus Tahun Akademik 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Semester VIII Tahun Akademik 2021/2022 yang berjumlah 733 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling merupakan teknik pengambilan secara acak. Data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan melalui pengisian kuesioner oleh responden dengan sampel sebanyak 88 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan program aplikasi IBM SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis uji t pada variabel literasi ekonomi memiliki nilai t hitung < t tabel ( 1,282 < 1,988) dengan nilai signifikansi 0,203 > 0,05, maka variabel literasi ekonomi tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Variabel hedonic consumption tendency memiliki nilai t hitung > t tabel ( 4,114 > 1,988) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka variabel hedonic consumption tendency berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Begitu pula pada variabel trend fashion berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dikarenakan t hitung > t tabel ( 4,374 > 1,988) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien sebesar 0,550 dan hasil uji f menunjukan nilai f hitung > f tabel (34,167 > 2,71) dengan nilai sig 0,000 < 0,05, maka variabel literasi ekonomi, hedonic consumption tendency dan trend fashion secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Ekonomi, Hedonic Consumption Tendency, Trend Fashion, Perilaku Konsumtif
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:13
Last Modified: 02 Feb 2023 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8267

Actions (login required)

View Item View Item