Khoirudin, Akhmad Nur (2022) Studi Analisis Penerapan Pembelajaran Akhlak Pada Etika Berkomunikasi Siswa Kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (799kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (310kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (259kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (441kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (728kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (276kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (435kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (253kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Latar belakang pendidikan akhlak di sekolahan sangat penting dipelajari apalagi bagian dari pendidikan keagamaan. Pendidikan akhlak merupakan pendidikan utama yang diajarkan di sekolah-sekolah, karena pendidikan akhlak mengajarkan untuk berbuat baik kepada Allah SWT (ibadah) dan berbuat baik terhadap sesama mahluk (sosial). Tujuan penelitian ini adalah: 1) Penerapan pembelajaran akhlak pada etika berkomunikasi siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. 2) Etika berkomunikasi siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan kualitatif. Pendekatannya menggunakan deskriftif kualitatif. Pengumpulan data primer dengan observasi, wawancara dan data skunder menggunakan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Penerapan pembelajaran akhlak di kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran ini guru membuat RPP sebelum melaksanakan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran guru melaksanakan tiga tahap yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, sedangkan evaluasi pembelajaran menggunakan tes tertulis, observasi, dan parktik. 2) Etika komunikasi siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara meliputi: siswa sering menyapa guru baik di kelas maupun di luar kelas, menyapa teman se kelas maupun beda kelas, mengucapkan salam kepada guru, menggunakan kata-kata sopan ketika berinteraksi dengan guru, bercakap-cakap baik dengan guru, bercakap-cakap dengan orang tua di rumah dengan bahasa yang sopan, ketika siswa mengajukan pertanyaan kepada guru dengan mengacungkan tangan atau minta ijin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran akhlak, etika komunikasi |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 02:56 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8275 |
Actions (login required)
View Item |