Rosyid, Chumairoh Syamsiyah (2022) Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi Pada Anak Usia Dini Di Kelompok B Ra Miftahul Huda 2 Turirejo Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (878kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (270kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (419kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (527kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (277kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (453kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (377kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
Abstract
Penelitan ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi pada anak usia dini di kelompok B RA Miftahul Huda 2 Turirejo Demak serta untuk mengetahui hambatan serta solusi apa saja yang ada pada penerapan metode bermain peran untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi pada anak usia dini di kelompok B RA Miftahul Huda 2 Turirejo Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu menghasilkan data dari wawancara, observasi, dan arsip yang selanjutnya dianalisis untuk menghasilkan teori.Penelitian ini dibatasi oleh waktu dan tempat, dan kasus.Dalam melengkapi data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menganalisis data dengan reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembelajaran metode bermain peran dilakukan dengan perencanaan pembelajaran meliputi persiapan pribadi dan teknis. Pelaksanaan pembelajaran metode bermain peran dimulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan murid dan guru akan mempersiapkan metode pembelajaran mulai dari alat, kostum, dan lainnya. Pada pelaksanaan murid akan diarahkan oleh guru sesuai dengan aturan bermain metode peran Pada evaluasi pembelajaran murid akan ditanya mengenai pelaksanaan metode bermain peran yang telah mereka lakukan, guru akan mengevaluasi apa saja kekurangan dari individu murid maupun secara keompok dan cara pelaksanaannya.2) Faktor penghambat dan solusi dari pelaksanaan metode bermain peran adalah dari internal dan eksternal seperti waktu yang relatif sedikit, terbatasnya alat peraga serta teman dan semangat belajar dari individu murid merupakan faktor penghambat dari dalam sedangkan faktor orang tua dan lingkungan adalah faktor penghambat dari luar. Sedangkan solusi yang diberikan yaitu guru lebih memperhatikan semangat belajar anak, waktu yang digunakan lebih efektif untuk pembelajaran, kerjasama dengan orang tua agar menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang baik bagi murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode bermain peran, kemampuan berkomunikasi, anak usia dini |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 02:41 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 02:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8318 |
Actions (login required)
View Item |