Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MAN 1 Jepara

Audia, Alina (2022) Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MAN 1 Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui penilaian HOTS untuk C4, C5 dan C6 pada mata pelajaran SKI di MAN 1 Jepara. Sementara studi ini dimaksudkan guna menjawab beberapa rumusan masalah mengenai (1) bagaimana penilaian HOTS untuk C4(2) bagaimana penilaian HOTS untuk C5 (3) bagaimana penilaian HOTS untuk C6. Jenis penelitian lapangan yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berkarakter deskriptif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research) yakni pengamatan secara langsung terhadap objek yang diteliti guna mendapat data yang relevan dan valid. Dengan metodelogi yang digunakan adalah wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian yang berjenis empiris ini, peneliti menggunakan pendekatan pendidikan dikarenakan peneliti memakai teori-teori pendidikan untuk menunjang penelitian yang akan dilakukan. Jenis pendekatan pendidikan yang digunakan yakni pendekatan filsofi untuk menelaah dan memecahkan permasalahan tentang pendidikan yang memerlukan suatu perenungan yang lebih mendalam terkait pelaksanaan penilaian SKI pada level kognitif pada C4-C6. Hasil yang diperoleh peneliti setelah melakukan penelitian adalah instrumen yang digunakan pada mata pelajaran SKI di MAN 1 Jepara yaitu instrumen tes lisan, pilihan ganda, tes porotofolio dan penugasan. Sementara pelaksanaan penilaian HOTS untuk C4 dilakukan guru mata pelajaran SKI dengan tes tertulis dengan instrument tes pilihan ganda dan essay. Pada C5 menggunakan tes portofolio yang mampu melatih peserta didik untuk menemukan informasi, menyimpulkan kemudian menilai untuk kemudian dibuat sebuah alasan yang logis. Sementara pada C6 menggunakan penugasan berupa meresume materi pada maple SKI. Dari penelitian ini didapat hasil akhir bahwa di MAN 1 Jepara sudah diterapkan penilaian berbasis HOTS pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam meskipun tidak semua KD bisa dimasukkan guru juga sudah berupaya menerapkan penilaian menggunakan ranah kognitif C4-C6

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Instrumen, HOTS, SKI
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Kesenian dan Kebudayaan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:54
Last Modified: 07 Feb 2023 02:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item View Item