Pengembangan Modul Taksonomi Tumbuhan Sebagai Bahan Ajar Materi Plantae pada Pembelajaran Biologi SMA/MA

Sobah, Sauki Fadlillah Nurus (2022) Pengembangan Modul Taksonomi Tumbuhan Sebagai Bahan Ajar Materi Plantae pada Pembelajaran Biologi SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (861kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (675kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (822kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (929kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (861kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (656kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (742kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan bahan ajar berupa modul taksonomi tumbuhan yang nantinya akan digunakan pada pembelajaran biologi di SMA/MA materi Plantae. Modul yang dikembangkan merupakan hasil identifikasi tumbuhan di Pijar Park. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul taksonomi tumbuhan sebagai bahan ajar materi Plantae pada pembelajaran biologi kelas X SMA/MA yang meliputi tahap Define, Design, dan Develop. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan namun diadaptasi oleh peneliti menjadi 3-D yaitu define, design, dan develop. Tahap define dilakukan dengan penyebaran angket need assessment di 5 sekolah yaitu MA Mazro’atul Huda Wonorenggo, MA Muallimat Kudus, MA Abadiyah, dan MA Raudlatus Sibyan dengan hasil bahwa seluruh sekolah membutuhkan modul taksonomi tumbuhan yang akan dikembangkan. Tahap design dilakukan dengan mendesain modul yang akan digunakan sesuai dengan hasil need assesment. Tahap develop dilakukan dengan penyusunan modul dilanjutkan validasi dan uji coba di sekolah yaitu di MAN 1 Kudus. Modul yang dikembangkan di validasi oleh 3 dosen Tadris Biologi IAIN Kudus yang dibagi menjadi 2 ahli media dan 1 ahli materi. Uji coba modul dilakukan di MAN 1 Kudus dengan subyek 1 guru biologi dan 29 siswa. Data-data validasi dan uji coba di sekolah dilakukan dengan penilaian berupa angket. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisa dengan kriteria kevalidan dan kepraktisan modul yang sebelumnya sudah ditentukan sehingga didapatkan hasil yaitu validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai 89,28% dan penilaian oleh ahli materi mendapatkan nilai 93,18%. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media maka modul taksonomi tumbuhan dikategorikan “Sangat Valid”. Hasil uji coba modul di sekolah mendapatkan nilai dari penilaian guru yaitu 75% dan dari penilaian siswa sebesar 78,36% sehingga dari hasil uji coba maka modul taksonomi tumbuhan dikategorikan “praktis/layak”. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba maka modul taksonomi dapat digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, Taksonomi Tumbuhan, Plantae
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:26
Last Modified: 09 Feb 2023 01:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8391

Actions (login required)

View Item View Item