Laila, Vio Sadna Luluk Noor (2022) Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (467kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (709kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (587kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (848kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (473kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (605kB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting untuk generasi baru bangsa. Maka dari itu sebisa mungkin karakter baik harus dilatih sedini mungkin. Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) juga memiliki tujuan dalam aspek pendidikan akhlak yang baik. Karakter generasi muda akhir-akhir ini mengalami kelunturan yang sangat drastis, karena sering dijumpai peserta didik yang melakukan kebohongan terhadap hal yang telah ia lakukan, melakukan tawuran, rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan pendidik, tutur kata yang kurang sopan dalam berkomunikasi bahkan sering mengeluarkan kata-kata kasar dan bahkan kotor. Oleh karena itu, salah seorang tokoh Pendidikan Nasional yang dianggap sangat berjasa terhadap kemajuan Pendidikan dan meletakkan benih-benih pendidikan yang bermoral adalah Ki Hadjar Dewantara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara, dan untuk mengetahui relevansi Pendidikan Karakter menurut Ki Hadjar Dewantara bagi Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini merupakan penelitian Library Research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Adapun teknik analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan cara menelusuri sumber data yang pernah ditulis oleh tokoh melalui dokumentasi, peneliti dapat mencatat karya tokoh baik berupa karya buku atau karya lain yang berhubungan dengan tokoh. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara adalah penanaman nilai-nilai moral dalam sikap dan perilaku serta budi pekerti yang luhur dalam kegiatan keagamaan, bermasyarakat, dengan alam lingkungan agar menjadi manusia yang berbudi baik. Dan pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dalam pelaksanaannya menggunakan “Sistem Among” dalam mengajarkan pendidikan karakter. (2) Konsep pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara mempunyai keterkaitan atau relevansi dalam materi pembelajaran Akidah Akhlak yakni dalam segi ruang lingkup pendidikan akhlak pembentukan karakter peserta didik dan bisa dijadikan acuan pendidik dalam menerapkan pendidikan akhlak atau budi pekerti dalam pembelajaran Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara, Pembelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 07:11 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 07:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8418 |
Actions (login required)
View Item |