IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERAPAN RETRIBUSI PASAR SECARA BULANAN DAN PELAYANANNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS DINAS PASAR JEMBER KUDUS)

Fitriana, Afrilia (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERAPAN RETRIBUSI PASAR SECARA BULANAN DAN PELAYANANNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS DINAS PASAR JEMBER KUDUS). Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan keuangan merupakan hal yang paling penting dalam memberikan suatu pelayanan. Pengelolaan keuangan yang baik akan menciptakan pelayanan yang baik pula namun pengelolaan yang tidak baik akan mengakibatkan pelayanan yang tidak memuaskan pada masyarakat pengguna pelayanan tersebut. Demikian halnya dengan pengelolaan keuangan yaitu retribusi di Pasar Jember Kudus yang dapat dikatakan cukup baik, meskipun ada hal-hal tertentu yang belum mencapai hasil yang maksimal dan masih mengandalkan swadaya pedagang sebagai pemakai produk pelayanan. Penelitian ini mengangkat masalah mengenai bagaimana penerapan kebijakan dan target realisasi retribusi pasar bulanan di Pasar Jember Kudus, bagaimana pula persepsi pedagang mengenai penerapan bulanan dan pengelolaan tersebut untuk meningkatkan pelayanan publik di Pasar Jember serta faktor yang mendukung dan menghambat pemerintah dalam meningkatkan pelayanan tersebut dari retribusi yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan penerapan retribusi bulanan di Pasar Jember dan persepsi pedagang tentang pengelolaan itu untuk meningkatkan pelayanan publik serta faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dalam penyediaan pelayanan dari pemerintah dalam pandangan Islam. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di kota Kudus dengan situs Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar, Cabang Dinas Pasar Wilayah Jember dan aktivitas pedagang pasar Jember. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data bersifat deskriptif analisis dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan retribusi pasar bulanan sudah dilakukan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan aspek-aspek dalam mengelola retribusi pasar yang meliputi sistem adminitrasi yang sudah cukup baik, sesuai dengan prinsip keadilan dan selalu dalam pengawasan untuk mewujudkan maqashid syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Retribusi Pasar; Pelayanan dalam Islam
Subjects: Fiqih
Fiqih > Mu`alamat > Perjanjian
Divisions: Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2017 04:20
Last Modified: 18 Mar 2017 04:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item