Implementasi Layanan Bimbingan Agama Dalam Mengurangi Burnout Belajar Pada Santri Di Pondok Pesantren Modern Asy-Syifa Muhammadiyah

Rozana, Aftihna Rusyda (2022) Implementasi Layanan Bimbingan Agama Dalam Mengurangi Burnout Belajar Pada Santri Di Pondok Pesantren Modern Asy-Syifa Muhammadiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (448kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (438kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan implementasi layanan bimbingan agama dalam mengurangi burnout belajar pada santri di pondok pesanren modern Asy-syifa Muhammadiyah, faktor pendukung dan factor penghambat selama layanan bimbingan agama dalam mengurangi burnout belajar, serta peubahan yang diraskaan para santri setelah ditetapkannya layanan bimbingan agama dalam mengurangi burnout belajar santri di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), kemudian pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber datanya adalah data primer dan sekunder. Teknik pengmpulan data melaui wawancara, observasi dan dokumentasi pondok pesantren modern Asy-syifa Muhammadiyah Kecamatan Nalumsari kabupaten Jepara. Sumber data diperoleh dari pengasuh, ustadz dan santri. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa: 1). Konsep burnout belajar pada santri di pondok pesantren diantaranya, perasaan membosankan dalam belajar, merasa malas, merasa tidak mampu dalam belajar dan kurangnya motivasi belajar pada individu yang disebabkan beberapa hal yang pertama pembelajaran di asrama yang terlalu lama lebih dari 45 menit, yang kedua tidak suka dengan materi agama maupun umum, yang ketiga tuntutan dalam belajar. 2). Implementasi layanan bimbingan agama dalam mengurangi burnout belajar pada santri diantaranya, tahapan pertama meliputi perkenalan, membangun hubungan, memberikan penjelasan singkat mengenai layanan bimbngan agama dan pelaksanaannya. Tahapan kedua halaqah seperti perkumpulan beberapa kelompok maupun individu, taklim dengan mempelajari kitab-kitab dan mukhadarah itu pelatihan berdakwah kemudian membaca Al-Qur’an, sholawat nabi dan pengaosan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Burnout belajar, Layanan Bimbingan Agama, Santri
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:30
Last Modified: 13 Feb 2023 02:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8448

Actions (login required)

View Item View Item