Pengaruh Implementasi Manajemen Pendidikam Berbasis TQM (Total Quality Management) dan Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Budaya Organisasi dan Implikasinya terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus

Failashufa, Failashufa (2022) Pengaruh Implementasi Manajemen Pendidikam Berbasis TQM (Total Quality Management) dan Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Budaya Organisasi dan Implikasinya terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (570kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (570kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (916kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (805kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manajemen TQM, kepemimpinan kepala madrasah, budaya organisasi dan peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus (2) pengaruh manajemen TQM dan kepemimpinan kepala madrasah secara parsial terhadap budaya organisasi di MTs. Negeri 1 Kudus (3) pengaruh manajemen TQM dan kepemimpinan kepala madrasah secara simultan terhadap budaya organisasi di MTs. Negeri 1 Kudus (4) pengaruh manajemen TQM, kepemimpinan kepala madrasah dan budaya organisasi secara parsial terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus (5) pengaruh manajemen TQM, kepemimpinan kepala madrasah dan budaya organisasi secara simultan terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus (6) pengaruh manajemen TQM terhadap budaya organisasi dan implikasinya terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus (7) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap budaya organisasi dan implikasinya pada peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan angket yang diperoleh dari responden sebanyak 185 responden. Teknik analisis data melalui analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan path analysis. Adapun lokasi penelitian dilakukan di MTs. Negeri 1 Kudus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa: (1) manajemen TQM di MTs. Negeri 1 Kudus dalam kategori cukup, sedangkan kepemimpinan kepala madrasah, budaya organisasi dan peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus dalam kategori baik. (2) terdapat pengaruh manajemen TQM dengan nilai thitung sebesar 7,609 serta pengaruh langsung sebesar 0,491 dan terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap budaya organisasi dengan nilai thitung sebesar 1,950 serta pengaruh langsung sebesar 0,061 (3) terdapat pengaruh manajemen TQM dan kepemimpinan kepala madrasah secara simultan terhadap budaya organisasi dengan nilai Fhitung sebesar 3,503, nilai koefisien korelasi sebesar 0,501 dan koefisien determinasi sebesar 25,1%. (4) tidak terdapat pengaruh manajemen TQM terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus dengan nilai t hitung sebesar 0,487 dan terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah secara parsial terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus dengan nilai t hitung sebesar 10,0342 serta terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus dengan thitung sebesar 1,744 dengan pengaruh langsung sebesar 0,30 (5) terdapat pengaruh manajemen TQM dan kepemimpinan kepala madrasah dan budaya organisasi secara simultan terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus dengan nilai Fhitung sebesar 7,336, nilai koefisien korelasi sebesar 0,188 dan koefisien determinasi sebesar 38,2% (6) terdapat pengaruh manajemen TQM terhadap budaya organisasi dan implikasinya terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus dengan nilai thitung sebesar 7,6111 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,0147 (7) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasa terhadap budaya organisasi dan implikasinya terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs. Negeri 1 Kudus dengan nilai thitung sebesar 1,9541 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,183.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen TQM, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Budaya Organisasi, Peningkatan Mutu Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:41
Last Modified: 13 Feb 2023 02:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8452

Actions (login required)

View Item View Item