Strategi Pengembangan Pariwisata Kecamatan Gunung Wungkal Kabupaten Pati (Studi Kasus Wisata Alam Air Terjun Grenjengan Sewu di Desa Jrahi)

Yulianti, Riska (2022) Strategi Pengembangan Pariwisata Kecamatan Gunung Wungkal Kabupaten Pati (Studi Kasus Wisata Alam Air Terjun Grenjengan Sewu di Desa Jrahi). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (406kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (722kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (680kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)

Abstract

Air Terjun Grenjengan Sewu adalah salah satu objek wisata alam yang berada di desa Jrahi Kecamatan Gunung Wungkal Kabupaten Pati. Air terjun grenjengan sewu merupakan objek wisata alam yang sangat mempesona dengan keindahan alam masih asri yang mempunyai tinggi berkisaran 7 meter di kelilingi oleh batu alam, perpohonan besar, udara yang sejuk, aliran air yang jernih dengan suguhan batu-batu kali besar, dan pemandangan kera yang bermain di pepohonan besar sehingga terlihat indah, asri dan nyaman. Namun, potensi yang tinggi tersebut kurang di dukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana serta belum optimalnya pengembangan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan dan implementasi strategi yang dilakukan ole pengelelola pariwisata dan pemerintahan desa Jrahi dalam pengembangan objek wisata alam Air Terjun Grenjengan Sewu di desa Jrahi. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 orang. Dalam menganalisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi pengembangan yang dilakukan oleh pemerintahan desa dan pengelola pariwisata adalah strategi sebagai rencana adapun yang implementasi strategi pengembangan yang teridentifikasiyang dilakukan yakni 4A aspek atraksi, aspek amenitas, akses aksesbilitas, dan akses ancilliary. Dalam strategi pengembangan yang dilakukan didalamnya terdapat faktor internal dan faktor eksternal, peluang dan ancaman yang dihadapi serta di sesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki menghasilkan alternative strategi berdasarkan hasil analisis SWOT yaitu: memaksimalkan pengelolaan daya tarik potensi wisata, meningkatkan dukungan pemerintah dinas pariwisata, mengoptiomalkan aksesbilitas menuju objek wisata, meningkatkan penggandaan fasilitas akomodasi dan meningkatkan promosi pariwisata melalui media sosial dan elektronik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Wisata alam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Geografi dan sejarah > Geografi dan Perjalanan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:02
Last Modified: 13 Feb 2023 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8456

Actions (login required)

View Item View Item