Efektivitas Model Prolem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang

Ni’mah, Ulfiyatun (2022) Efektivitas Model Prolem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (494kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (576kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan Problem Based Learning(PBL), untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan model Problem Based Learning (PBL), untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan penyelesaian masalah di MI Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di MI Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang, sekaligus menjadi sampel penelitian yang berjumlah 34 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, statistik deskriptif, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Problem Based Learning terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari rata-rata skor angket sebesar 62,88. Nilai rata-rata ini masuk pada kategori baik karena berada pada interval 61-68, sedangkan Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Maguan Rembang tergolong baik. Kesimpulan ini didapatkan dari nilai rata-rata angket yang menunjukkan angka 63,06, di mana nilai ini masuk pada interval 61-68 yang mewakili kategori baik Hasil uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV di MI Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang. Hal ini dapat dilihat dari Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (24,708>4,15), yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Pembelajaran Fiqih memberikan konstribusi sebesar 83,5% terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV di Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang dengan persamaan regresi Ŷ= 4,467 + 0,932X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Madrasah Ibtidaiyah, Problem Based learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:14
Last Modified: 13 Feb 2023 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8459

Actions (login required)

View Item View Item