Upaya Guru SKI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi Cooperative Learning Kelas VIII B di MTs NU Serangan Bonang Demak

Yahya, Muhamad Farih (2022) Upaya Guru SKI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi Cooperative Learning Kelas VIII B di MTs NU Serangan Bonang Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (515kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (645kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (2) Untuk mengetahui upaya guru SKI dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi Cooperative Learning. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penulis mengambil lokasi di MTs NU Serangan Bonang Demak. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran SKI, dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan datanya menggunakan beberapa cara yakni triangulasi, menggunakan bahan referensi dan juga peningkatan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pelaksanaannya memiliki enam tahapan yaitu: menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan langkah-langkah pembelajaran, mengorganisir peserta didik ke dalam kelompok/tim belajar, membantu kerja sama tim dan belajar, mengevaluasi, memberikan penghargaan. (2) Upaya guru SKI dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi Cooperative Learning dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan strategi Cooperative Learning upaya yang dilakukan guru SKI dalam meningkatkan minat belajar adalah menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan langkah-langkah pembelajaran, mengorganisir peserta didik ke dalam kelompok/tim belajar, membantu kerja sama tim dan belajar, mengevaluasi, dan memberikan penghargaan. selain itu upaya yang dilakukan dengan mengasah bakat siswa sehingga dari bakat tersebut dapat mempengaruhi minat belajar. setelah di terapkannya strategi Cooperative Learning, minat belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, mengalami peningkatan minat belajar, hal tersebut dapat dilihat dari perubahan siswa sebagai berikut: pembelajaran menjadi menyenagkan, pembelajaran menjadi tidak membosankan, dan menjadi tertarik dalam pembelajaran. (3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa faktor pendukung yaitu: keaktifan siswa, sarana dan prasarana. faktor penghambat yaitu: kemampuan siswa yang berbeda, waktu pembelajaran yang kurang lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru SKI, Strategi Cooperative Learning, Minat Belajar
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:19
Last Modified: 13 Feb 2023 03:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8461

Actions (login required)

View Item View Item