Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif: Pendekatan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada BSI KC Kudus Ahmad Yani 2)

Maharani, Devi Putri (2022) Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif: Pendekatan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada BSI KC Kudus Ahmad Yani 2). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (441kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (669kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh BSI KC Kudus Ahmad Yani 2 dalam upaya meraih keunggulan kompetitif. Strategi pemasaran merupakan serangkaian proses dalam menguasai pasar berdasarkan pada strategi yang diterapkan dengan adanya pertimbangan kebutuhan konsumen dan perubahan lingkungan untuk dapat menawarkan nilai yang unggul kepada konsumen. Strategi pemasaran pada BSI KC Kudus Ahmad Yani 2 meliputi strategi bauran pemasaran, strategi keunggulan kompetitif, serta mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari faktor internal maupun eksternal sebagai upaya untuk meraih keunggulan kompetitif dalam bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data diperoleh dari data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini dilakukan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori dari Miles and Huberman yaitu menggunakan tiga langkah meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pemasaran yang diterapkan BSI KC Kudus Ahmad Yani 2 yaitu strategi bauran pemasaran meliputi product, price, place, dan promotion. (2) Strategi pemasaran dalam upaya meraih keunggulan kompetitif pada BSI KC Kudus Ahmad Yani 2 yaitu dengan menerapkan strategi diferensiasi meliputi pemberian kualitas pelayanan yang maksimal kepada nasabah, menciptakan citra yang baik dan positif di lingkungan masyarakat, dan juga pengembangan teknologi digital dengan adanya mobile banking BSI untuk lebih memudahkan kebutuhan aktivitas nasabah sehari-hari. (3) Penelitian ini mengidentifikasi posisi dan kondisi pengembangan BSI KC Kudus Ahmad Yani 2 menggunakan matriks IFE dan EFE. Hasilnya berada di kuadran I yaitu “tumbuh dan kembangkan”. Hasil dari matriks IFE sebesar 3,07 dan matriks EFE sebesar 3,36 sehingga menunjukkan adanya faktor lingkungan eksternal berpengaruh lebih besar dalam pengembangan BSI. Terdapat Opportunity (2,50) yang lebih besar dari Threat (0,86) pada lingkungan eksternal, dan terdapat Strength (2,50) yang lebih besar dari Weakness (0,57) pada lingkungan internal. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka BSI harus dapat memanfaatkan dengan baik Opportunity yang tersedia dengan memaksimalkan Strength yang dimiliki agar perkembangan BSI dapat terus berjalan dan mampu bersaing dalam meraih keunggulan kompetitif dengan lembaga keuangan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Keunggulan Kompetitif, Matriks IFE, Matriks EFE
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:54
Last Modified: 13 Feb 2023 07:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8470

Actions (login required)

View Item View Item