Sulastri, Eka Diana (2022) Penerapan Media Quiet Book Terhadap Perkembangan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 3-4 tahun di TPA Islam Selasih Janggalan Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (323kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (412kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (373kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (703kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (313kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
Perkembangan kognitif merupakan hal yang sangat penting bagi anak usia dini. Perkembangan kognitif pada anak adalah kemampuan untuk berpikir, menalar, memahami, dan mengingat sesuatu yang ada disekitarnya dan seringkali untuk memecahkan suatu masalah. Kemampuan kognitif memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk kegiatan seperti: mengingat nama suatu benda, bentuk-bentuk benda, mengingat warna-warna benda, yang membutuhkan daya berpikir yang kuat. Di TPA Islam Selasih Janggalan perkembangan kemampuan kognitif anak msih ada yang belum berkembang secara optimal karena masih sedikit menggunakan media pembelajaran, seringnya saat pembelajaran menggunakan lembar kerja anak. Dalam skripsi ini peneliti ingin mengetahui hal apa yang seharusnya dilakukan untuk menangani permasalahan tersebut. Kegiatan yang dapat menstimulasi kemampuan kognitif anak ialah bermain menggunakan media quiet book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Untuk mengetahui penerapan media quiet book dapat mengembangkan kemampuan kognitif pada anak usia dini di TPA Islam Selasih. 2) Untuk mengetahui perkembangan kognitif anak usia dini di TPA Islam Selasih setelah diterapkan metode quiet book. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu dengan meneliti langsung ke tempat penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara dengan pendidik TPA Islam Selasih dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian, maka peneliti mengemukakan bahwa: 1) Penerapan media quiet book dapat mengembangkan kemampuan kognitif pada anak usia dini di TPA Islam Selasih terdapat langkah-langkah yang dilakukan seperti menentukan tema terlebih dahulu, menata posisi duduk anak, menyiapkan item media quiet book, mengenalkan dan mengajarkan bentuk dan warna kepada anak, memberikan kesempatan anak untuk menggunakan media tersebut dan melakukan evaluasi. 2) Perkembangan kemampuan kognitif anak dapat berkembang dengan adanya penerapan media quiet book. Hal ini dapat dilihat dengan memperhatikan indikator pencapaian kemampuan kognitif anak, yang mana: anak dapat mengenal warna, anak dapat mengenal bentuk benda, anak dapat membedakan ukuran benda, anak dapat memasangkan pasangan benda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif, Quiet Book, TPA Islam Selasih Janggalan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 01:38 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 01:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8477 |
Actions (login required)
View Item |