Shofiana, Fatichatus (2022) Efektivitas Model Guided Inquiry Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Effifacy Pada Materi Kingdom Plantae di MA NU Al-Hidayah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (296kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (716kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (771kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (823kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (425kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (492kB) |
Abstract
Penelitian ini berisi efektivitas model guided inquiry berbasis lingkungan terhadap kemampuan berpiki kritis dan self effifacy peserta didik pada materi kingdom plantae di MA NU Al-Hidayah.penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan model guided inquiry berbasis lingkungan pada materi kingdom plantae, (2) untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis dan self effifacy peserta didik , (3) untuk mengetahui bagaimana efektivitas model guided inquiry berbasis lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis dan self effifacy pada materi kingdom plantae. Pendekatan dalam penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitiannya yaitu pre test-post test control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA MA NU Al-Hidayah. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun data diambil dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil observasi mencapai kategori sangat baik dengan perolehan persentase 91,6%. Proses kegiatan belajar menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan pada materi kingdom plantae berjalan dengan baik sesuai dengan sintaks dalam pembelajaran guided inquiry. (2) Kemampuan berpikir kritis dan self effifacy di kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan. Kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebelum perlakuan memperoleh nilai 43,46 yang termasuk dalam kategori kurang dan sesudah diberi perlakuan memperoleh nilai 65,88 yang termasuk dalam kategori baik. pada kelas kontrol sebelum perlakuan 42,8 yang termasuk kategori kurang dan sesudah perlakuan memperoleh nilai 60,15 yang termasuk dalam kategori baik. Self effifacy peserta didik di kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan. Nilai persentase di kelas eksperimen sebesar 79,75% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 74,30%.. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap efektivitas model guided inquiry berbasis lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai nilai Sig. (2-tailed) 0,021 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada uji hipotesis terhadap efektivitas model guided inquiry berbasis lingkungan terhadap self effifacy memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,024 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided inquiry, lingkungan, kemampuan berpikir kritis, self effifacy, kingdom plantae |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 04:06 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 04:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8524 |
Actions (login required)
View Item |