Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di MI Miftahul Huda Ngasem Jepara

Rahayu, Puji (2022) Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di MI Miftahul Huda Ngasem Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (436kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (434kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (320kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)

Abstract

Keaktifan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Huda Ngasem masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan saat pembelajaran masih konvensional sehingga dapat mengakibatkan keaktifan belajar siswa belum dapat berkembang dengan baik. Pemilihan metode yang kurang tepat dapat berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa karena siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Dengan penerapan metode demonstrasi diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar dan pencapaian tujuan belajar dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini untuk a) mengetahui hasil penerapan dari metode demonstrasi di kelas IV pada mata pelajaran IPA, b) mengetahui hasil keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV, dan c) mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Miftahul Huda Ngasem Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) serta menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun data yang digunakan berasal dari hasil penelitian melalui penyebaran angket terhadap 41 responden siswa kelas IV MI Miftahul Huda Ngasem. Alat analisis yang digunakan adalah korelasi pearson dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik multikolinieritas, koefisien determinasi, harga f serta harga t dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Penerapan metode demonstrasi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di MI Miftahul Huda sebesar 91,07 atau berada pada interval 90 – 97 adalah tergolong “Cukup”. b) Keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di MI Miftahul Huda Ngasem Jepara sebesar 86,78 atau berada pada interval 82 – 91 adalah tergolong “Cukup”. c) Penerapan metode demonstrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di MI Miftahul Huda. Ini ditunjukan dengan persamaan regresi Ŷ = 17,184 + 0,874 X. Hasil dari sumbangan relatif (R2) yang diberikan sebesar 29,2%. Dari F hitung > F tabel atau 16,060 > 4,10 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari nilai coefficients α = 0,05 menunjukkan hasil yang signifikan. Dari tabel perbandingan thitung penerapan metode demonstrasi > t tabel (4,008 > 2,021) dan nilai signifikansinya 0,000 ≤ α = 0,025 menunjukkan hasil yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi terhadap keaktifan belajar siswa. Artinya semakin baiknya penerapan metode demonstrasi yang diterapkan guru dalam pembelajaran maka peningkatan keaktifan belajar siswa akan semakin besar/baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Keaktifan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:29
Last Modified: 16 Feb 2023 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8542

Actions (login required)

View Item View Item