Zakiyyah, Rikha (2022) Analisis kemampuan membaca Al- Qur’an: di tinjau dari aspek metode Reading Aloud, dan kecerdasan linguistic dalam perspektif bimbingan orang tua di RA Shofa Marwah Sowan Lor, Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (941kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (528kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (419kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (573kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (895kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (440kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (801kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (339kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2X2. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang mana dilakukan berdasarkan data yang bersifat statistik untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode reading aloud, dan kecerdasan linguistik dalam perspektif bimbingan orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Teknik sampel yang diambil adalah purposive sampling. Obyek dari penelitian ini adalah siswa RA Shofa Marwah Sowan Lor Kedung jepara. Di RA Shofa Marwah Sowan Lor Kedung jepara terdapat 95 anak, oleh karena itu peneliti mengambil sampel 32 anak. Dimana 16 anak akan di kelompokkan pada kelas eksperimen, dan 16 anak pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan 1) metode reading aloud berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian two way anova yang menunjukkan bahwa nilai signifikan pada variabel metode sebesar 0,003, artinya nilai signifikan < 0,05. 2) kecerdasan linguistik berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian two way anova pada variabel kecerdasan linguistik yang menunjukkan bahwa nilai signifikan pada variabel kecerdasan linguistik sebesar 0,000, artinya nilai signifikan < 0,05. 3) terdapat pengaruh bersama atau joint effect antara metode dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan membaca A-Qur’an. Hal ini dibuktikan dari pengujian two way anova yang menunjukkan bahwa nilai signifikan dari interaksi antara metode dan kecerdasan linguistik sebesar 0,00, artinya nilai signifikan < 0,05. 4) adanya pengaruh metode reading aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an, dan tidak adanya pengaruh bimbingan orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dengan persamaan (1) sebesar -0,142, dan nilai signifikansi sebesar 0,834. Sedangkan pada persamaan (2) memberikan nilai standardized beta sebesar 2,465 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 dan nilai standardized pada bimbingan orang tua sebesar 0,394 dan nilai signifikansinya sebesar 0,085. 5) adanya pengaruh metode kecerdasan linguistik terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an, dan adanya pengaruh bimbingan orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dari pada persamaan (1) sebesar 0,239, dan nilai signifikansi sebesar 0,041. Sedangkan dalam persamaan (2) memberikan nilai standardized beta kecerdasan linguistik sebesar 0,286, dan nilai signifikansi sebesar 0,035, dan nilai standardized pada bimbingan orang tua sebesar 0,416 dan nilai signifikansinya sebesar 0,043.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Metode Reading Aloud, Kecerdasan Linguistik, Bimbingan Orang Tua |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 06:38 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 06:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8563 |
Actions (login required)
View Item |