Implementasi Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Karakter Religius Melalui Teknik Pembiasaan Pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Undaan Kudus

Faizah, Noor (2022) Implementasi Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Karakter Religius Melalui Teknik Pembiasaan Pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (421kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (588kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (703kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (482kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (681kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (466kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB)

Abstract

Karakter religius merupakan perilaku yang mencerminkan ketaatan dalam menjalankan peraturan beragama islam. Karakter religius merupakan hal yang penting untuk meningkatkan ketakwaan manusia terhadap Allah SWT. Ketakwaan tersebut harus diajarkan melalui kebiasaan-kebiasaan dari hal paling sederhana, di lingkungan kelas melalui manajemen kelas. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui karakter religius siswa kelas V MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Undaan Kudus. 2) mengetahui implementasi manajemen kelas untuk meningkatkan karakter religius pada siswa kelas V mata pelajaran akidah akhlak di MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Undaan Kudus. 3) mengetahui hambatan dan solusi dalam pelaksanaan manajemen kelas untuk meningkatkan karakter religius pada siswa melalui teknik pembiasaan kelas V mata pelajaran akidah akhlak di MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Undaan Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, siswa kelas V MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Undaan Kudus, guru mata pelajaran akidah akhlak, dan guru kelas. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil analisis data dapat diperoleh tiga temuan yaitu: Pertama karakter religius siswa kelas V MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Undaan Kudus. Keduaimplementasi manajemen kelas untuk meningkatkan karakter religius pada siswa kelas V mata pelajaran akidah akhlak di MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Undaan Kudus. Ketiga hambatan dan solusi dalam pelaksanaan manajemen kelas untuk meningkatkan karakter religius pada siswa melalui teknik pembiasaan kelas V mata pelajara akidah akhlak di MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Undaan Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas, karakter religius, teknik pembiasaan, pembelajara akidah akhlak.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Feb 2023 01:57
Last Modified: 17 Feb 2023 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8573

Actions (login required)

View Item View Item