Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran ke-NU-an di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Sunggingan Kudus

Rizki, Prayoga Noor (2022) Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran ke-NU-an di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Sunggingan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (290kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (102kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (333kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran ke-NU-an di MTs NU Hasyim Asyari Sunggingan Kudus. Kedua, untuk mengetahui bagaimana dampak penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran ke-NU-an di MTs NU Hasyim Asyari Sunggingan Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus yang beralamat di Jl. Mayor Busono No. 17 Sunggingan, Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Dalam penelitian ini, cara pengambilan data lapangan peneliti menggunakan purposive sampling. Jumlah informan penelitian ada 6 orang yang terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, guru ke-NU-an, dan dua siswa siswi MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan pembelajaran ke-NU-an di MTs NU Hasyim Asy’ari Sunggingan Kudus, dilakukan dalam kurikulum MBKM. Silabus dan RPP yang dibuat oleh guru pengampu mata pelajaran ke-NU-an menekankan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajarannya. Kedua, Pembelajaran ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai moderasi bergama di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Sunggingan Kudus dengan strategi pengenalan, pembiasaan, keteladanan dan pengamalan. Ketiga, dampak dari penanaman nilai-nilai moderasi beragama bagi peserta didik yakni memiliki sifat yang toleran, komitmen kebangsaan yang tinggi, dan memiliki sifat anti kekerasan, serta dapat membaur dan menghargai kebudayaan lokal yang ada

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Moderasi Beragama, Pembelajaran Ke-NU-an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:06
Last Modified: 20 Feb 2023 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8582

Actions (login required)

View Item View Item