Eksperimentasi Model Problem Based Learning Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Jiwa Wirausaha Siswa Kelas VII MTs NU Assalam Kudus

Lestari, Ratna Dewi Tri (2022) Eksperimentasi Model Problem Based Learning Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Jiwa Wirausaha Siswa Kelas VII MTs NU Assalam Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (594kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (611kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (844kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (956kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (995kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (643kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan diantaranya 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model PBL berbasis STEM dan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara jiwa wirausaha siswa dengan menggunakan model PBL berbasis STEM dan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi-Experimental dengan Posttest Only Non-Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode cluster random sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas VIID dengan total 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIE dengan total 36 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, tes, dan angket. Hasil analisis dengan uji t-test diperoleh simpulan bahwa 1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model PBL berbasis STEM dan dengan menggunakan model konvensional, yang dapat dibuktikan melalui nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,001<0,05 dan t_hitung=3,385>t_tabel=1,99346. Kemudian pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 86,16 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yaitu 79,83. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara jiwa wirausaha siswa dengan menggunakan model PBL berbasis STEM dan dengan menggunakan model konvensional, yang dapat dibuktikan melalui nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 dan t_hitung=9,026>t_tabel=1,99346. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 83,00 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yaitu 67,14. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan jiwa wirausaha siswa dengan menggunakan model PBL berbasis STEM dan dengan menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, STEM, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, dan Jiwa Wirausaha
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:32
Last Modified: 21 Feb 2023 01:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8617

Actions (login required)

View Item View Item