Pengembangan Buku Matematika Berpendekatan Realistic Mathematic Education Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Bilangan Kelas VII

Taskiyah, Aeni Nur (2022) Pengembangan Buku Matematika Berpendekatan Realistic Mathematic Education Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Bilangan Kelas VII. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (557kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (476kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)

Abstract

Pengembangan buku matematika yang berbasis Realistic Mathematic Education (RME) terintegrasi nilai-nilai keislaman akan menjadikan pembelajaran matematika lebih berkesan. Pasalnya, buku atau sumber belajar yang digunakan oleh kebanyakan siswa hanya berisi kumpulan materi dan latihan-latihan soal saja. Selain itu, dari faktor siswa juga banyak yang masih tidak paham tentang materi karena contoh yang diberikan tidak realistis. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui kelayakan buku matematika berbasis RME terintegrasi nilai keislaman pada materi bilangan kelas 7, 2) untuk mengetahui kepraktisan buku matematika berbasis RME terintegrasi nilai keislaman pada materi bilangan kelas 7. Penelitian ini menggunakan jenis RnD dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data yaitu wawancara, lembar validasi, dan angket. Populasi dari penelitian ini adalah siswa-siswa MTs Al-Ma’arif Gembong Pati. Adapun sampelnya adalah siswa kelas 7 MTs Al-Ma’arif Gembong Pati yang diambil melalui teknik purposive sampling. Adapun analisis data yaitu menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa, 1) buku matematika ini diuji kelayakannya oleh tim ahli yang terdiri dari 2 ahli materi, 2 ahli media, dam 2 ahli agama. Pada uji kelayakan ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 115 dengan kriteria sangat layak. Pada ahli media memeperoleh nilai rata-rata 125,5 dengan kriteria sangat layak. Dan pada ahli agama mendapatkan nilai rata-rata 64,5 dengan kriteria sangat layak. 2) Kemudian, untuk mengetahui kepraktisan buku maka dilakukan uji coba produk di kelompok kecil dan kelompok besar. Pada kelompok kecil yang terdiri dari 10 siswa memperoleh nilai rata-rata 66,6 dengan kriteria sangat praktis. Pada kelompok besar diikuti oleh 42 siswa mendapatkan nilai rata-rata 65,9 dengan kriteria sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa buku matematika berbasis RME terintegrasi nilai keislaman pada materi bilangan kelas 7 layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Matematika, Realistic Mathematic Education, Nilai Keislaman, Bilangan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:46
Last Modified: 22 Feb 2023 01:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8672

Actions (login required)

View Item View Item