Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Media Flashcard di PAUD Bina Insani Mojolawaran Gabus Pati Tahun 2021/2022

Suaida, Zihana (2022) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Media Flashcard di PAUD Bina Insani Mojolawaran Gabus Pati Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (572kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (469kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan anak membaca huruf hijaiyyah di PAUD Bina Insani Mojolawaran Gabus Pati. Mengetahui bagaimana guru dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah pada anak menggunakan media flashcard di PAUD Bina Insani Mojolawaran Gabus Pati, juga mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah melalui media flashcard. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang termasuk dalam lingkungan penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari Kepala sekolah, guru, dan anak didik. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen lembaga. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti dapatkan dari hasi penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyyah di Paud Bina Insani mayoritas masih kurang baik. Namun juga ada beberapa anak yang sudah bisa membaca huruf hijaiyyah dengan baik dan benar. Anak dikatakan baik dalam mengenal huruf hijaiyyah ketika anak mampu mengidentifikasikan huruf-huruf hijaiyyah yaitu mampu menunjukkan huruf hijaiyyah, mampu melafalkan huruf hijaiyyah dengan baik dan benar sesuai dengan makhrojnya, dan mampu menuliskan huruf hijaiyyah dengan benar. 2) guru dalam mengenalkan huruf hijaiyyah di Paud Bina Insani sudah menggunakan APE (Alat Permainan Edukatif) berupa flashcard (kartu huruf) dan juga setiap anak diberikan oleh guru buku catatan kecil yang disebut buku prestasi untuk mengetahui hasil belajar membaca huruf hijaiyyah pada setiap anak. 3) adanya faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah di Paud Bina Insani yaitu : faktor penghambanya adalah faktor orang tua yang kurang memperhatikan anak dan kurang mengajari anak membaca huruf huruf hijaiyyah. Orang tua hanya mengandalkan sekolahan saja. Di samping itu juga adanya faktor lingkungan yang lebih mengutamakan pendidikan umum dan kurang memperhatikan pengetahuan tentang membaca huruf-huruf hijaiyyah. Kemudian adanya faktor pendukung permasalahan ini adalah guru yang kreatif dalam proses pembelajaran membaca huruf hijaiyyah dengan menggunakan media flashcard.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Flashcard, Kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:14
Last Modified: 23 Feb 2023 02:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8693

Actions (login required)

View Item View Item