Nida, Shofwatun (2015) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS DALAM MEMBUAT INSTRUMEN PENILAIAN TEMATIK (STUDI KASUS PADA GURU KELAS DI MI MIFTAHUL ULUM 01 PANCUR MAYONG JEPARA TAHUN AJARAN 2013/2014). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Guru MI Miftahul Ulum 01 Pancur Mayong Jepara dalam pembuatan instrumen penilaian tematik masih banyak kekurangan. Dalam membuat instrumen terkait kisi-kisi ulangan, guru beranggapan bahwa kisi-kisi tersebut tidak begitu penting. Bagi guru yang penting dalam melaksanakan penilaian di kelas hanya untuk mencari angka atau nilai siswa yang berarti bahwa guru hanya mengutamakan target kurikulum. Berdasarkan hal tersebut, masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru kelas III MI Miftahul Ulum 01 Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana perencanaan penyusunan instrumen penilaian tematik yang dilakukan guru kelas III MI Miftahul Ulum 01 Pancur Tahun Pelajaran 2015/2016? Dan 3) Bagaimana pelaksanaan penerapan instrumen penilaian tematik yang dilakukan guru kelas III MI Miftahul Ulum 01 Pancur Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mempunyai karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting), dengan tidak mengubah bentuk simbol atau angka dan bersifat deskriptif yang didasarkan pada pertanyaan bagaimana. Dan teknik pengolahan datanya adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru kelas III MI Miftahul Ulum 01 Pancur bisa dikatakan baik, karena guru kelas III telah menyipkan RPP setiap kali akan mengajar, RPP telah sesuai dengan standar kurikulum yang telah ditetapkan, menggunakan strategi/pendekatan yang sesuai, pemanfaatan media mengaktifkan siswa, menguasai materi, penilaian proses dan hasil. 2) Perencanaan instrumen penilaian tematik dilakukan dengan menetapkan tujuan diadakan penilaian tersebut, menentukan teknik penilaian, aspek penilaian, instrumen penilaian baik penilaian dengan tes maupun nontes, frekuensi diadakannya penilaian, serta dengan adanya timbal balik dari penilaian yang akan dilaksanakan. Dan 3) Pelaksanaaan penerapan instrumen penilaian tematik diselenggarakan oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Adapun pelaksanaan oleh pendidik dengan mengadakan kegiatan pembelajaran, ulangan harian serta dalam mengadakan tugas bagi siswa baik itu tugas individu maupun tugas kelompok. Pelaksanaan oleh satuan pendidikan dalam mengadakan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Instrumen Penilaian Tematik |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Peraturan-Peraturan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Mar 2017 05:32 |
Last Modified: | 18 Mar 2017 05:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/871 |
Actions (login required)
View Item |