Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Indonesia

Alfiani, Diani (2022) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (878kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (820kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)

Abstract

Nilai adalah sifat manusia baik/buruknya terhadap kehidupan. Pendidikan karakter adalah usaha menanamkan akhlak siswa. Fenomena kemrosotan karakter yang terjadi didunia pendidikan menunjukkan bahwa lemahnya kependidikan dalam membentuk karakter peserta didik. Dan akibatnya, siswa menyalah gunakan internet, games, gedget, dan lain-lain. Semua akibat tersebut adalah bukti lunturnya penanaman nilai-nilai karakter di era globalisasi. Penelitian ini meneliti nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian (Library Research) dan dengan menggunakan pendekatan (descriptive of analize research). Adapun pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan menggunakan (content analyze). Proses analisis tersebut dimulai dengan merumuskan sebuah pertanyaan peneliti, memilih sumber data dan referensi yang relevan dengan rumusan masalah, mencari definisi yang mampu merumuskan teks-teks, dan melakukan teknik hermenuetik. Hasil penelitian nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy yaitu sebagai berikut: Religius, berbau keagamaan; Jujur, berbicara apa adanya; Toleransi, sikap menghormati perbedaan agama; Disiplin, melalukan sesuatu tepat waktu; Kerja Keras, usaha semaksimal mungkin; Kreatif, menciptakan sesuatu yang baru; Mandiri, bertindak dengan sendiri; Demokratis, musyawaroh; Rasa Ingin Tahu, mencari sesuatu dengan bertanya; Semangat Kebangsaan, semangat berperang dalam hal berkompetisi; Cinta Tanah Air, memuji tanah kelahiran sendiri; Menghargai Prestasi, bentuk penghormatan atas keberhasilannya; Persahabatan/Komunikatif, saling mensupport; Cinta Damai, sikap ketulusan; Gemar Membaca, suka membaca; Peduli Lingkungan, bentuk rasa peduli; Peduli Sosial, bentuk kemanusiaan; dan Tanggung jawab, amanah dalam sesuatu yang diberi. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy relevan dengan pendidikan di Indonesia karena pendidikan karakter sendiri membangun peserta didik memiliki perilaku yang baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Novel Merindu Baginda Nabi, Pendidikan Di Indonesia
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:36
Last Modified: 23 Feb 2023 06:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8710

Actions (login required)

View Item View Item