Luthfiyah, Rifa (2022) Peran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Menumbuhkan Literasi Al-Qur’an Pada Peserta Didik Kelas VII Di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER - KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (544kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (483kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (601kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (968kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (524kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (993kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (474kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (599kB) |
Abstract
Minimnya kemampuan literasi membaca dan menulis Al-Qur’an pada peserta didik tidak menjadikan lembaga madrasah bungkam begitu saja. Namun, madrasah telah mengemas beberapa mata pelajaran yang berhubungan dengan Al-Qur’an dalam kurikulum muatan lokal salafi khususnya pada mata pelajaran tadarus Al-Qur’an dan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) yang lebih menitikberatkan pada imla’. Dan dalam menumbuhkannya tentu tidak lepas dari peran seorang guru. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk menilik perihal bagaimana peran seorang guru dalam menumbuhkan literasi Al-Qur’an, kemampuan pada peserta didik dalam berliterasi Al-Qur’an, serta faktor-faktor pendukung, penghambat, dan solusi untuk menyelesaikan pelbagai hambatan dalam menumbuhkan literasi Al-Qur’an pada peserta didik di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan yang mana dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitiannya mencakup kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru Al-Qur’an Hadits khususnya pengampu pembelajaran tentang Al-Qur’an, serta peserta didik kelas VII di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Lantas teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk meng-cross check temuan data penelitian menggunakan triangulasi. Sedangkan untuk menganalisis data penelitian mempergunakan teori Milles dan Huberman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru khususnya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan literasi Al-Qur’an beragam dengan menyelaraskan kondisi peserta didik, adapun peranannya mencakup sebagai pengajar, pembimbing, pelatih, fasilitator, organisator, pengembang kurikulum madrasah, inspirator, motivator, serta evaluator. (2) Kemampuan peserta didik kelas VII dalam berliterasi Al-Qur’an masih ada beberapa yang minim, akan tetapi setelah peran guru diimplementasikan secara konsisten, perlahan kemampuan literasi akan tumbuh dalam diri peserta didik. (3) Lantas faktor pendukung dalam menumbuhkan kemampuan literasi Al-Qur’an memuat sumber belajar dan sarana prasarana yang memadai, metode pembelajaran yang beragam, pendidik yang berkompeten, beberapa antusisme respon peserta didik yang positif, serta sinkronnya mata pelajaran yang berhubungan dengan Al-Qur’an. Faktor penghambatnya minimnya alokasi waktu pembelajaran, kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, belum sinkronnya tripusat pendidikan. Menilik hal tersebut, maka membutuhkan solusi yakni dengan memberi jam tambahan, kerjasama antara tripusat pendidikan harus lebih dikukuhkan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat meminimalisir buta aksara peserta didik terhadap kitab suci Al-Qur’an dan menjadikan generasi Qur’ani yang mempunyai semangat hidup berliterasi Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Kemampuan Literasi Al-Qur’an, Peserta Didik |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 02:38 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 02:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8758 |
Actions (login required)
View Item |