Fitriyah, Lailatul (2022) Pembentukan Karakter Religius Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 30 Siswa Kelas V MI Al-Fattah Juwana Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (886kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (441kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (364kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (677kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (774kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (788kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (368kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 siswa kelas V MI Al-Fattah Juwana Pati, 2) karakter religius yang terbentuk melalui program tahfidz Al-Qur’an Juz 30 siswa kelas V MI Al-Fattah Juwana Pati, 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius melalui program Tahfidz Al-Qur’an Juz 30 siswa kelas V MI Al-Fattah Juwana Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 siswa kelas V MI Al-Fattah Juwana Pati telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an yaitu setiap seminggu 4 kali pada hari senin, selasa, rabu, dan kamis yang dilakukan sebelum pembelajaran dikelas pukul 07.00 sampai 08.00 WIB. Pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dilakukan setelah sholat dhuha berjama’ah. Siswa menuju ke aula dengan membawa Al-Qur’an dan kartu prestasi mengaji untuk melakukan muroja’ah dan setoran hafalan. Program tahfidz Al-Qur’an di MI Al-Fattah Juwana Pati mempunyai target hafalan atau materi yang wajib dihafalkan. Materi atau target hafalan kelas V MI Al-Fattah dari surah Al-A’la sampai Al-Muthoffifin. Metode yang digunakan oleh guru tahfidz adalah metode talaqqi dan metode muroja’ah. 2) karakter religius yang terbentuk melalui program tahfidz Al-Qur’an juz 30 siswa kelas V MI Al-Fattah Juwana Pati (1) rajin beribadah yaitu meliputi: (a) melaksanakan sholat lima waktu, (b) sholat sunnah yaitu sholat dhuha. (2) rajin berdo’a yaitu meliputi: (a) berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran dikelas, (b) berdo’a sebelum melakukan aktivitas, (c) mengamalkan do’a keseharian yang telah dihafalkan. (3) berakhlaq Qur’ani yaitu meliputi (a) mencintai Al-Qur’an, (b) gemar membaca Al-Qur’an, (c) selalu menjaga hafalan dengan muroja’ah setiap hari, (d) bertutur kata yang baik, dan (e) menerapkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius melalui program tahfidz Al-Qur’an juz 30 siswa kelas V MI Al-Fattah Juwana Pati meliputi pertama faktor pendukung yaitu minat yang tinggi dari siswa, motivasi dari keluarga, fasilitas sekolah, serta kerjasama orang tua dan guru. Sedangkan faktor penghambat dalam pembentukan karakter religius melalui program tahfidz Al-Qur’an juz 30 siswa kelas V MI Al-Fattah Juwana Pati yaitu rasa malas dan penggunaan media sosial yang berlebihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Religius, Tahfidz Al-Qur’an |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 02:57 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 02:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8760 |
Actions (login required)
View Item |