Febiola, Fia (2022) Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Hafiz dan Hafizah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (813kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (359kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (419kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (350kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (652kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (304kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan proses transfer pengetahuan dari orang yang tahu kepada orang yang belum tahu (peserta didik). Pendidikan Islam merupakan pengetahuan yang berlandaskan kepada nilai-nilai Islam berdasarkan pada konsepsi Rasulullah dalam penyempurnaan akhlak manusia. Pendidikan Islam sangat penting dalam pengembangan potensi manusia, sehingga perlu ditanamkan nilai-nilai pendidikan kepada peserta didik. Keluarga merupakan pendidik yang utama bagi anak, oleh sebab itu orang tua memiliki tanggung jawab dalam mendidik anak. Salah satu upaya orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam yaitu memberikan tontonan yang bukan hanya sekedar hiburan tetapi juga memberikan pengajaran. Namun, tontonan saat ini banyak yang tidak memberi pengajaran yang baik atau memberikan contoh yang buruk. Seperti film yang menayangkan adegan kekerasan, percintaan, pornografi dan lain sebagainya. Adanya film Animasi Hafiz dan Hafizah mengatasi keresahan orang tua agar tetap memberikan tontonan yang mendidik yang didalamnya menampilkan adegan yang berisi nilai-nilai pendidikan Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) bagaimana nilai-nilai Pendidikan Islam? 2) bagaimana film animasi Hafiz dan Hafizah? 3) bagaimana relevansi nilai-nilai Pendidikan Islam dalam film animasi Hafiz dan Hafizah? . Objek penelitian dalam film ini yaitu serial Animasi Hafiz dan Hafizah Episode Aku Ingin Tahu, Hafiz Cegukan, Amanah Sebuah Dompet, Awas Ada Nyamuk, Aku Ingin Menjadi, dan episode Selamat Ulang Tahun Humairah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research) dengan sumber data primer yaitu film Animasi Hafiz dan hafizah, sedangkan sumber data sekunder berupa buku-buku, jurnal,dll. Yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Peneliti menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data, serta menggunakan teknik analisis data yaitu content analysis(analisis isi). Hasil penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Animasi Hafiz dan Hafizah yang terdiri dari nilai pendidikan Iqtiqodiyah yaitu Beriman kepada Kitab Allah, ikhtiar, pembiasaan kalimat Thayyibah (Basmallah, Tahmid, Istighfar,Masyaallah). Nilai pendidikan Khuluqiyah mengucapkan salam ketika bertamu, sungguh-sungguh, ikhtiar, tidak putus asa, tidak mengambil barang orang lain, empati, amanah, tidak membuat keributan di masjid, membaca doa sebelum makan, sedekah. Nilai pendidikan amaliyah yaitu tolong-menolong,menjaga kebersihan, adab terhadap hewan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai, Pendidikan Islam, Film Animasi |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 07:02 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 07:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8765 |
Actions (login required)
View Item |