Pengaruh Media Virtual Lab dengan Aplikasi Olabs untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di MA NU Raudlatus Shibyan

Alvinda, Indria (2022) Pengaruh Media Virtual Lab dengan Aplikasi Olabs untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di MA NU Raudlatus Shibyan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (570kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (826kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (707kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (990kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media virtual lab dengan aplikasi Olabs dalam meningkatkan keterampilan proses sains, kemandirian belajar siswa, serta mengungkapkan respon siswa mengenai implementasu Olabs pada materi ekskresi. Penelitian menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI-IPA MA NU Raudlatus Shibyan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa 15 soal objektif dan 5 soal essay untuk mengukur keterampilan proses saisn siswa, serta instrument berupa angket untuk mengetahui kemandirian belajar dan respon siswa.peneliti menggunakan uji NGain-score dan paired sample t-test untuk mengetahui peningkatan skor siswa serta signifikansi perbedaan skor pretest dan posttest. Selanjutnya data statistik yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa pada variabel kps memperoleh skor rata-rata pretest sebesar 38,00 dan rata-rata skor posttest sebesar 59,74. Bedasarkan uji NGain-score diketahui bahwa peningkatan skor keterampilan proses sains berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 0,4. Sedangkan untuk rata-rata skor kemandirian belajar siswa sebesar 71,56 pada kategori tinggi, dan rata-rata skor respon siswa sebesar 50,5 dengan kategori kurang. Hasil analisis uji t pada variabel keterampilan proses sains diperoleh nilai 0,000 < 0,05, dimana H0 ditolak karena signifikasi < 0,05 dan H1 diterima. Kesimpulan yang diperoleh terdapat pengaruh media virtual lab dengan aplikasi Olabs untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemandirian belajar siswa di MA NU Raudlatus Shibyan. Sehubungkan dengan kesimpulan diatas, harapanya guru dapat menerapkan aplikasi Olabs di sekolah terutama pada sekolah mengengah atas untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: virtual lab, aplikasi olabs, keterampilan proses sains, kemandirian belajar, ekskresi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:09
Last Modified: 27 Feb 2023 07:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8766

Actions (login required)

View Item View Item