Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus

Mahrus, Yahya (2022) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (402kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf

Download (372kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (517kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) bentuk kesulitan yang dialami siswa kelas 5 dalam pembelajaran di masa pandemi di MI NU Miftahul Ulum Karangampel, 2) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di masa pandemi di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus, 3) faktor penghambat dan faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di masa pandemi pada kelas 5 di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kudus. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka kurikulum, guru kelas V dan peserta didik di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kudus. Teknik pengumpulan data didapatkan dengan melakukan interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di MI NU Miftahul Ulum Karangampel ada tiga golongan yaitu learning disabilities (ketidakmampuan belajar), under achiever (pencapaian rendah) dan slow learner (lambat belajar). 2) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MI NU Miftahul Ulum Karangampel yaitu menanyakan kesiapan siswa sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, penggunaan metode dan media pembelajaran, pemberian latihan soal serta pemberian motivasi belajar kepada siswa. 3) Adapun yang menjadi faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di masa pandemi di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kudus yaitu peran kepala sekolah yang mendukung upaya guru, kondisi anak yang stabil, penggunaan media serta metode pembelajaran, dan sarana prasarana yang memadai. Selain itu, beberapa faktor penghambat juga yang dihadapi guru di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kudus yaitu kondisi siswa yang kurang baik, kurangnya motivasi orang tua, dan kurangnya aktivitas siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kesulitan Belajar Siswa, Pembelajaran di Masa Pandemi.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:37
Last Modified: 28 Feb 2023 07:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8791

Actions (login required)

View Item View Item