Penerapan Bimbingan Konseling Islam Guru Taman Pendidkan Al-Qur’an dalam Menumbuhkan Minat Membaca Al-Qur’an Pada Anak TPQ di Desa Surodadi Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara (Studi Kasus di TPQ Al-Ikhsan)

Saputro, Muhammad Aji (2022) Penerapan Bimbingan Konseling Islam Guru Taman Pendidkan Al-Qur’an dalam Menumbuhkan Minat Membaca Al-Qur’an Pada Anak TPQ di Desa Surodadi Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara (Studi Kasus di TPQ Al-Ikhsan). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (400kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (902kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (969kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (511kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (667kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (469kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB)

Abstract

Pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an pada anak di TPQ Al-Ikhsan; hasil pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an pada anak di TPQ Al-Ikhsan Desa Surodadi Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara; faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi saat pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an pada anak di TPQ Al-Ikhsan Desa Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di TPQ Al-Ikhsan Desa Surodadi Kedung Jepara. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru, Murid, Masyarakat sekita TPQ. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data secara deskripsi yang akan diperoleh melalui pendekatan kualitatif dimana data-data tersebut dapat dihasilkan dari penelitian dan kajian baik secara teoritis maupun empiris. Hasil penelitian menunjukan yaitu: 1), peran bimbingan dan konseling Islam Guru TPQ dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an pada anak di Desa Surodadi Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Adapun hasil dari data lapangan yaitu: a), guru membimbing murid dengan cara pengenalan huruf-huruf hija’iyah untuk kelas tingkat pertamayan bertujuan agar murid mengerti dan memahami pelafalan pada setiap huruf yang sesuai makhorijul huruf. b), guru membimbing murid dengan membaca secara klasikal yang di lakukan setiap hari sebelum pembelajaran berlangsung. c), guru membimbing murid dengan cara membaca secara individu yang di lakukan secara bergantian. d), guru membimbing murid dengan memberikan materi pelajaran tambahan seperti ilmu tajwid, materi hafalan dan lain-lain dengan bertujuan menambah wawasan murid dalam belajar membaca Al-Qur’an. 2). perencanaan Guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada anak di TPQ Al-Ikhsan, antara lain: a), menyiapkan materi b), menyiapkan metode pembelajaran. c), menyiapkan fisik dan mental. d), menyiapkan alat dan bahan. e), menyiapkan Evaluasi 3). mengevaluasi faktor pendorong dan faktor penghambat dalam upaya guru meningkatkan minat membaca pada anak. Berikut adalah faktor pendukung: a), tumbuhnya minat murid dalam membaca sehingga lebih mudah untuk memicu semangat lebih tekun dalam belajar. b), adanya dukungan dari orang tua. c), tersedianya sarana prasarana yang mendukung seperti, papan tulis, bangku, musholah, tempat wudlu dan parkiran. Berikut adalah faktor penghambat: a), beberapa murid bertempat tinggal cukup jauh dari TPQ. b), asyik beremain saat proses pembelajaran. c), murid yang tidak mau beramgkat kalau tidak di beri uang saku. d), anak luar TPQ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menumbuhkan Minat Membaca, Murid, TPQ Al-Ikhsan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:58
Last Modified: 01 Mar 2023 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8810

Actions (login required)

View Item View Item