Lusiana, Siti Nur Elisa (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (259kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (460kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (290kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (473kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (150kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Pati. 2. Untuk mendeskripsikan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas V SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Pati. 3. Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Pati. Penelitian pada skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dan pendekatan kualitatif. Kemudian data primer peneliti didapatkan dari kegiatan wawancara langsung kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Data sekuder peneliti ini berasal dari observasi dalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan credibility, transfermability, triangulasi (sumber, teknik, dan waktu), dan dependability. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, data display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Pati. Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Sidomulyo 02 Kabupaten Pati terdapat lima fase yang guru terapkan dalam proses pembelajaran yaitu: a) Fase pertama: Memberikan orientasi tentang permasalahnnya kepada siswa, b) Fase kedua: Mengorganisasikan siswa untuk meneliti, c) Fase ketiga: Membantu investigasi mandiri dan berkelompok, d) Fase keempat: Mengembangkan dan mempresentasikan laporan, e) Fase kelima: Menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah. Adapun upaya guru dalam meningkatkan keaktifan siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, pada penerapan model pembelajaran tersebut terdapat 15 siswa dari 24 siswa aktif bertanya dan menjawab, sedangkan 9 orang siswa pasif bertanya kepada guru atau berdiskusi dengan kelompoknya ketika proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami kenaikan dari 24 siswa terdapat 20 siswa mengalami peningkatan nilai dan 4 siswa lainnya nilainya tetap
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran problem based learning, keaktifan belajar siswa, Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 02:12 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 02:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8817 |
Actions (login required)
View Item |